Ragam Manfaat Dedak Padi untuk Kecantikan Kulit

Kompas.com - 08/10/2020, 16:29 WIB
Ilustrasi padi. Dok. PEXELS/icon0.comIlustrasi padi.

KOMPAS.com - Mungkin tidak terlalu akrab dengan dedak padi (rice bran). Padahal hasil lapisan luar dari bulir beras ini ternyata punya banyak manfaat, lho.

Lapisan luar beras atau sekam dapat diekstrak menjadi minyak dedak padi.

Minyak dedak padi biasanya digunakan sebagai dressing pada salad atau untuk memasak. Namun di samping itu, minyak dedak padi juga punya banyak manfaat untuk kulit.

Menurut Healthline, antioksidan dalam minyak dedak padi dapat mendukung kesehatan kulit.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 28 hari, para partisipan mengalami perbaikan dalam hal ketebalan kulit lengan bawah, kelembutan kulit dan elastisitas kulit setelah menggunakan gel dan krim yang mengandung ekstrak dedak padi dua kali sehari. 

Meskipun penelitian mengenai minyak dedak padi masih terbatas, beberapa produk pelembap dan produk perawatan kulit memiliki kandungan dedak padi dan dipasarkan kepada mereka yang mencari khasiat kulit tampak lebih muda.

Dilansir NDTV, dedak padi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Setidaknya ada tiga manfaat yang diberikan minyak dedak padi untuk kulit, di antaranya:

1. Melindungi dari sinar UV
Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari sangatlah kejam pada kulit kita. Untuk mencegah atau meminimalisasi kerusakan yang ditimbulkan dari sinar UV, kita bisa menggunakan minyak dedak padi.

Cukup aplikasikan dua tetes minyak dedak padi ke kulit wajah dan pijat lembut hingga terserap. Minyak ini mampu melindungi kulit dari polusi dan juga berfungsi sebagai tabir surya alami.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X