Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2020, 16:29 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mungkin tidak terlalu akrab dengan dedak padi (rice bran). Padahal hasil lapisan luar dari bulir beras ini ternyata punya banyak manfaat, lho.

Lapisan luar beras atau sekam dapat diekstrak menjadi minyak dedak padi.

Minyak dedak padi biasanya digunakan sebagai dressing pada salad atau untuk memasak. Namun di samping itu, minyak dedak padi juga punya banyak manfaat untuk kulit.

Menurut Healthline, antioksidan dalam minyak dedak padi dapat mendukung kesehatan kulit.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 28 hari, para partisipan mengalami perbaikan dalam hal ketebalan kulit lengan bawah, kelembutan kulit dan elastisitas kulit setelah menggunakan gel dan krim yang mengandung ekstrak dedak padi dua kali sehari. 

Meskipun penelitian mengenai minyak dedak padi masih terbatas, beberapa produk pelembap dan produk perawatan kulit memiliki kandungan dedak padi dan dipasarkan kepada mereka yang mencari khasiat kulit tampak lebih muda.

Dilansir NDTV, dedak padi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Setidaknya ada tiga manfaat yang diberikan minyak dedak padi untuk kulit, di antaranya:

1. Melindungi dari sinar UV
Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari sangatlah kejam pada kulit kita. Untuk mencegah atau meminimalisasi kerusakan yang ditimbulkan dari sinar UV, kita bisa menggunakan minyak dedak padi.

Cukup aplikasikan dua tetes minyak dedak padi ke kulit wajah dan pijat lembut hingga terserap. Minyak ini mampu melindungi kulit dari polusi dan juga berfungsi sebagai tabir surya alami.

2. Penghapus riasan wajah
Antioksidan alami yang terkandung dalam minyak dedak padi juga bisa membantu membersihkan sisa riasan wajah dan membuat kulit wajah lebih lembut.

Minyak dedak padi adalah sumber vitamin E yang baik yang bisa meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.

Baca juga: 7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah

3. Mencegah lingkar hitam mata
Minyak dedak beras meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area mata, membantu mencegah mata bengkak dan lingkaran hitam. Kadar sterol tinggi di dalamnya mampu membantu mencerahkan kulit bawah mata dan mencegah kemunculan lingkaran hitam.

Perfect Purifying Night Cream.Instagram @mineralbotanica Perfect Purifying Night Cream.

Mengatasi jerawat dan kulit kusam
Salah satu produk yang menyertakan dedak padi di dalam kandungan produknya adalah Mineral Botanica Perfect Purifying Series.

Dengan memasukkan kandungan utama Rice Bran Oil (minyak dedak padi), Salicylic Acid, Jojoba Oil, Galactomyces dan Allantoin, rangkaian produk ini ditujukan untuk mengatasi kulit kusam, berminyak, mencegah jerawat, sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga: Menjaga Kebersihan, Kunci Utama Mengatasi Jerawat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com