Meski Menjijikkan, Cacing Tanah Bisa Bermanfaat untuk Tubuh

Kompas.com - 09/10/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi cacing tanah shutterstockIlustrasi cacing tanah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya berfungsi untuk menyuburkan tanah, ternyata manfaat cacing tanah untuk kesehatan juga tak kalah banyak.

Sebut saja obat cacing yang dianggap banyak orang ampuh mengatasi penyakit demam tifoid. Manfaat cacing tanah ini tak lepas dari kandungannya seperti protein dan asam amino.

Mungkin Anda masih asing membayangkan cacing tanah sebagai menu makanan sehari-hari. Di Venezuela, suku Ye’kuana terbiasa mengolah cacing tanah dengan merebus sebelum mengonsumsinya. Siapa tahu, suatu hari nanti Indonesia akan melakukan hal serupa?

Menurut profesor antropologi dari University of Colorado-Boulder, cacing tanah bisa dimakan dan merupakan bagian dari bahan makanan, sama halnya seperti ayam.

Kandungan proteinnya sangat tinggi, belum lagi zat besi dan asam amino. Apa saja manfaat cacing tanah untuk kesehatan?

1. Mengatasi diare

Bagi yang sedang mengalami diare, tak ada salahnya mencoba manfaat cacing tanah yang bisa melawan bakteri penyebab diare seperti bakteri E. coli.

Baca juga: Penanganan Pertama untuk Mengatasi Diare

2. Obat tipes atau demam tifoid

Obat cacing untuk tipes sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ekstrak cacing tanah ini diletakkan dalam kapsul dan direkomendasikan dikonsumsi penderita demam tifoid. Lagi-lagi, manfaat cacing tanah datang dari kandungan antibakteri di dalamnya.

3. Atasi peradangan

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X