Kompas.com - 09/10/2020, 08:11 WIB
Ilustrasi lari coffeekaiIlustrasi lari

KOMPAS.com - Setelah berlari seharusnya kita merasa tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Namun, tak sedikit orang yang justru merasakan sakit kepala setelah berlari.

Dokter kedokteran olahraga di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital, Steven E. Mayer, M.D. menjelaskan, sakit kepala setelah olahraga adalah sakit kepala yang dipicu oleh semua jenis aktivitas fisik.

"Sakit kepala ini lebih sering terjadi pada seseorang yang melakukan aktivitas fisik berat dibandingkan aktivitas ringan, dan berlari tentunya dianggap sebagai salah satu jenis aktivitas yang lebih berat," katanya, seperti dilansir Runner's World.

Sakit kepala tentunya dapat dipicu oleh banyak penyebab. Sakit kepala setelah berolahraga bisa saja dipicu oleh aktivitas olahraganya sendiri atau pun dipicu oleh faktor lain, seperti melihat layar, menggemeretakkan gigi, atau penyakit uang lebih serius, seperti peradangan, infeksi atau cedera.

"Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala ini muncul dengan lebih banyak rasa seperti berdenyut daripada rasa sakit tajam yang menyakitkan,” kata ahli fisiologi olahraga dan direktur penelitian klinis di NYIT College of Osteopathic Medicine, Joanne Donoghue, Ph.D.

Baca juga: Memahami Mindfulness dalam Olahraga Lari

Meski begitu, sakit kepala tetaplah bisa menjadi kondisi yang membuat sangat tidak nyaman sehingga aktivitas mungkin harus dihentikan.

Selain sensasi berdenyut, sakit kepala tersebut juga bisa muncul dengan efek samping seperti mual, muntah, penglihatan ganda, dan leher kaku.

 

Penyebab sakit kepala

Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala setelah berlari, antara lain:

1. Perubahan aliran darah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.