Kompas.com - 09/10/2020, 08:37 WIB
Ilustrasi pria berjenggot tebal RobertoDavidIlustrasi pria berjenggot tebal
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Ario Bayu merupakan segelintir artis pria yang tampil memukau dengan brewoknya. Memiliki brewok atau berewok dianggap bisa membuat penampilan pria terlihat lebih macho dan keren.

Tak heran jika banyak pria yang ingin menumbuhkan brewok alias jenggotnya. Bahkan hingga harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli produk penumbuh brewok.

Perlu kamu ketahui bahwa tak ada minyak, krim, atau suplemen khusus yang telah terbukti secara ilmiah dapat menumbuhkan rambut brewok.

Hanya saja beberapa minyak, seperti minyak zaitun dan minyak alpukat, akan membuatnya terlihat lebih tebal karena bulu di area tersebut lebih terawat.

Selain itu, ada pula yang berpendapat jika rajin mencukur brewok dapat membuatnya tumbuh lebat dengan cepat.

Akan tetapi, mencukur brewok sebetulnya hanya membuatnya tumbuh lebih rapi dan seragam. Dengan kata lain, itu tidak membuat rambut brewok tumbuh lebih cepat dan lebat.

Baca juga: Dua Faktor Utama agar Jenggot Tumbuh Sempurna

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Lalu, apa cara yang bisa dilakukan?

Faktor genetik dan hormon lah yang memainkan peran penting dalam menentukan seberapa cepat dan penuhnya brewok akan tumbuh.

Sebagian besar pertumbuhan brewok memang didorong oleh hormon testosteron. Oleh sebab itu, memiliki testosteron yang rendah dapat memengaruhi pertumbuhan brewok menjadi sedikit.

Akan tetapi, tingkat testosteron yang dimiliki setiap individu dapat bervariasi. Selain itu, meski hormon testosteronnya normal, namun faktor genetik juga dapat berperan. Bahkan kesehatan dan gaya hidup pun dapat memengaruhi pertumbuhannya.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X