Kompas.com - 09/10/2020, 12:35 WIB
Uji coba vaksin corona ciptaan Oxford pada manusia, di Afrika Selatan. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAUji coba vaksin corona ciptaan Oxford pada manusia, di Afrika Selatan.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menyebar lebih di 200 negara. Masing-masing negara memiliki cara tersendiri untuk mengatasi pandemi tersebut.

Banyak negara di Afrika yang mendapat pujian karena bisa menangani penyebaran virus dengan baik. Padahal, dari segi infrastruktur sistem kesehatan di beberapa negara belum mendukung.

Menurut data dari John Hopkins University, Afrika memiliki populasi lebih dari satu miliar dengan jumlah kasus Covid-19 mencapai 1,5 juta kasus.

Angka tersebut jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan benua lain seperti Eropa, Asia, dan Amerika. Bahkan jumlah kasus positif baru terus menurun.

Tak sampai di situ, jumlah kasus kematian akibat Covid-19 di Afrika juga paling rendah dibandingkan benua lain dengan angka 37 ribu kematian.

Baca juga: Di Luar Dugaan, Angka Kematian Akibat Covid-19 di Benua Afrika Lebih Rendah dari Lainnya

Menurut kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika Dr John Nkengasong, tingkat pengujian di Afrika memang masih rendah tapi angka kematian dilaporkan dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apa yang membuat tingkat kematian akibat Covid-19 di Afrika rendah? Berikut ulasannya seperti yang dikutip BBC.

1. Cepat mengambil tindakan

Kasus Covid-19 di Afrika pertama kali ditemukan di Mesir pada 14 Februari. Ketika itu ada kekhawatiran virus dapat menyebar dengan cepat di Afrika karena sistem kesehatan yang belum memadai.

Hal tersebut membuat sebagian besar pemerintah di Afrika mengambil tindakan drastis guna mencegah dan memperlambat penyebaran virus.

Halaman:


Sumber BBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.