Kompas.com - 09/10/2020, 14:49 WIB
Contoh rambut hasil Balayage yang sudah brassy (pudar). Dok. L’Oréal IndonesiaContoh rambut hasil Balayage yang sudah brassy (pudar).

KOMPAS.com - Warna rambut yang indah dapat mengangkat penampilan seseorang dan menambah kepercayaan diri.

Salah satu teknik pewarnaan rambut yang kini banyak digemari adalah Balayage, atau teknik pewarnaan rambut yang menghasilkan tampilan rambut dengan gradasi yang menawan.

Memiliki rambut dengan warna yang indah tentunya memerlukan perhatian dan perawatan khusus pula. Jika kamu memperlakukannya dengan sembarangan, bisa-bisa warna rambut akan mudah pudar.

"Pada dasarnya rambut yang diwarnai akan pudar dan menguning perlahan-lahan seiring dengan seringnya frekuensi keramas."

"Namun ada hal-hal yang patut diperhatikan untuk menghindari hasil warna rambut cepat kembali pudar atau brassy," ungkap Head of Education L'Oréal Professionnel, Indra Tanudarma melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Ciptakan Gradasi Warna Rambut dengan Teknik Balayage

Berikut lima hal yang perlu kamu hindari agar rambut yang diwarnai tak mudah pudar:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Keramas terlalu sering dengan air yang terlalu panas
Keramas menggunakan air yang terlalu panas dan dilakukan terlalu sering setelah mewarnai rambut dapat semakin mempercepat hilangnya warna. Keramas dengan frekuensi maksimal dua hari sekali dianggap sudah cukup untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih, serta tidak membuat warna semakin cepat hilang.

2. Salah memilih sampo
Rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan yang tepat. Jika tidak, warna rambut akan lebih mudah luntur dan memudar. Pemilihan sampo khusus untuk perawatan rambut Balayage pun harus dilakukan secara cermat.

L'Oréal Professionnel, misalnya, memiliki sampo bebas sulfat seperti Vitamino A-OX Soft Cleanser yang bisa kamu pilih.

Cara mudah untuk mencermati sampo yang mengandung sulfat atau deterjen adalah dengan melihat kadar busa ketika keramas. Semakin banyak busa yang muncul, maka semakin banyak pula kandungan sulfat yang terkandung dalam sampo, yang akan semakin menghilangkan warna rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.