Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

Kompas.com - 09/10/2020, 15:02 WIB
Minyak esensial tea tree Amy_LvMinyak esensial tea tree
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Minyak pohon teh atau tea tree oil terkenal sebagai salah satu bahan yang bermanfaat untuk menjaga kulit. Kita dapat menemukan berbagai macam perawatan wajah yang mengandung tea tree oil, mulai dari masker sampai penghilang jerawat.

Manfaat tea tree oil yang utama adalah untuk perawatan kulit, tetapi sebenarnya khasiat tea tree oil tidak hanya seputar kulit saja. Penasaran dengan beragam manfaat tea tree oil? Berikut adalah beberapa manfaat tea tree oil.

1. Penyembuhan luka

Manfaat tea tree oil tidak hanya untuk merawat kulit, tetapi juga untuk membantu penyembuhan luka.

Saat terluka, oleskan krim untuk luka yang telah dicampurkan dengan satu tetes tea tree oil sesuai dengan petunjuk dari krim untuk luka yang digunakan.

2. Meringankan gejala psoriasis

Tea tree oil dipercaya mampu meringankan gejala psoriasis, seperti peradangan dan infeksi. Namun, riset mengenai manfaat tea tree oil dalam mengatasi psoriasis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meskipun demikian, kamu bisa mencoba menggunakan tea tree oil dengan cara mengencerkan satu atau dua tetes tea tree oil dengan minyak lain, kemudian oleskan campuran tersebut ke daerah yang mengalami gejala psoriasis beberapa kali sehari.

3. Mengatasi kulit yang merah dan meradang

Tea tree oil dapat membantu mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X