Kompas.com - 09/10/2020, 15:15 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

KOMPAS.com – Sejak kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) diberlakukan karena pandemi Covid-19, banyak dari kita menatap gadget atau gawai jauh lebih lama dari biasanya. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mata.

Menatap layar gawai selama berjam-jam dapat menyebabkan masalah penglihatan. Sebut saja mata kering, berkaca-kaca, mata lelah, hingga merasa sakit kepala.

Bila dibiarkan, tentunya hal itu bisa bertambah parah. Untuk menjaga kesehatan mata, ada lima langkah sederhana yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Batasi waktu layar

Saat WFH, kebanyakan orang seolah tidak bisa lepas dari gawai. Entah karena mengerjakan tugas di laptop maupun menonton serial favorit di ponsel. Kebiasaan itu tentu harus diubah.

Pasang pengingat atau alarm setiap dua jam sekali untuk beristirahat dari layar gawai. Paling tidak istirahatkan mata selama 20 detik dan pandanglah obyek minimal enam meter.

Baca juga: 7 Masalah Kesehatan yang mengintai Selama WFH

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Konsumsi makanan tinggi vitamin A dan C

Pola makan seimbang dan memilih nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Pilihlah makanan yang kaya vitamin A dan C. Bisa juga mengonsumsi salmon karena mengandung asam lemak omega-3 esensial

3. Pakai masker mata

Menatap layar gawai selama berjam-jam menyebabkan ketegangan di saraf mata. Oleh karenanya, penting untuk membuat saraf tersebut rileks kembali.

Halaman:


Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.