Pilihan Make Up untuk Kulit Sawo Matang agar Tampil Maksimal

Kompas.com - 11/10/2020, 10:19 WIB
Illustrasi wanita sedang makeup (Dok. Shutterstock) Illustrasi wanita sedang makeup

KOMPAS.com - Saat merias wajah kecocokan warna kulit dengan tampilan make up yang dipilih harus diperhatikan.

Contohnya pilihan make up untuk pemilik kulit sawo matang. Make up artist (MUA) Barry Ritonga mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna foundation.

"Pastikan foundation senada dengan warna kulit, jangan kelihatan lebih putih karena bisa belang," ujar Barry dalam suatu acara virtual belum lama ini.

Pemilik kulit sawo matang juga bisa memilihan tampilan make up glow dengan bantuan shimmer. Pilih warna-warna yang terlihat kuning dan hindari warna putih.

Dikatakan oleh Barry, shimmer berwarna putih bisa membuat wajah terlihat sangat berkilau sehingga kurang menyatu dengan warna kuit.

"Kalau putih nanti kelihatan seperti kilang minyak," imbuhnya.

Baca juga: BB Cushion Mampu Samarkan Noda Wajah, Apa Bedanya dengan Foundation?

Tips lain penggunaan shimmer adalah mengaplikasikan bedak tabur. Bedak tabur dapat menyamarkan warna shimmer apabila sangat berkilau di wajah.

Namun apabila tampilan make up glow digunakan untuk pemotretan, hindari penggunaan bedak tabur karena malah membuat wajah semakin berkilau.

Pilihan lipstik

Selanjutnya, untuk riasan mata dan bibir pilihlah warna seperti terracotta, dusty pink, oranye yang agak kecoklatan, coklat, dan merah marun.

"Sebenarnya kalau kulit sawo matang mau pakai make up terang enggak apa-apa banget kalau kita PD. Tapi kalau menurut estetik mata saya sebagai MUA, warna-warna tersebut yang cocok," kata Barry.

Dirinya menekankan, dalam make up perempuan harus benar-benar melihat fitur utama di wajahnya. Tonjolkan fitur utama tersebut agar penampilan semakin maksimal.

Selain itu, make up juga bisa membantu menyamarkan bagian wajah yang mungkin dianggap kurang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X