Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Tetap Sehat, Seberapa Sering Kita Harus BAB?

Kompas.com - 12/10/2020, 09:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Buang air besar (BAB) adalah fungsi biologis penting yang membersihkan tubuh dari bakteri, serat, sel, air, dan materi tanaman yang tidak dapat dicerna.

Meski setiap orang melakukannya, tidak semuanya melakukan dengan frekuensi yang sama.

Beberapa orang mungkin sangat rutin pergi ke kamar kecil setiap pagi, sementara sebagian lainnya tidak punya jadwal BAB yang terprediksi.

Lalu, seberapa sering kita harus BAB?

Jean Marie Houghton, MD, dokter yang melakukan praktik gastroenterologi di UMass Memorial Health Care di Worcester, Massachusetts, menjelaskan kepada Health bahwa frekuensi rata-rata BAB adalah antara tiga kali sehari dan setiap tiga hari, dan frekuensi di antaranya.

Sehingga jika frekuensi BAB-mu di antaranya, maka dapat dikatakan masih dalam batas normal.

Dr. Houghton mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki rutinitas BAB yang cukup rutin meskipun dapat bervariasi dari waktu ke waktu.

Namun, ia mengingatkan untuk tidak terlalu terpaku pada angka.

"Jika kamu BAB tiga kali sehari dan merasa nyaman, maka itu sempurna,” ungkapnya.

Sebaliknya, jika kamu sering BAB dan malah merasa kembung, tidak nyaman, atau terus buang air besar, maka itu tidak normal dan memerlukan penanganan profesional medis.

Sebagai gambaran, sebuah survei yang dilakukan Healthline terhadap lebih dari 2.000 responden, dilaporkan bahwa pola BAB mereka adalah sebagai berikut:

  • Hampir 50 persen responden BAB satu kali dalam sehari, sementara 28 persennya dua kali sehari. Hanya 5,6 persen yang melaporkan BAB hanya satu atau dua kali seminggu.
  • Kebanyakan responden (61,3 persen) melaporkan waktu BAB mereka rata-rata di pagi hari, sementara 22 persennya di siang hari dan hanya 2,6 persen yang BAB di malam hari.
  • Hampir 31 persen responden melaporkan konsistensi tinja mereka mirip dengan sosis atau ular, dengan konsistensi yang halus dan lembut.

Beberapa hal memengaruhi seberapa sering kita BAB, antara lain:

1. Pola makan
Serat larut dan tidak larut dalam bentuk biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan dapat membuat feses lebih solid, sehingga mendorong BAB lebih mudah. Jika kamu tidak mengonsumsi makanan ini dalam jumlah yang signifikan, mungkin itulah yang menyebabkan BAB tidak teratur. Konsumsi cairan juga membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan. Inilah mengapa banyak dokter menyarankan untuk meningkatkan asupan cairan jika seseorang sering mengalami sembelit.

2. Usia
Semakin tua usia seseorang akan semakin besar kemungkinan mengalami sembelit. Kondisi tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk berkurangnya pergerakan lambung yang mendorong pencernaan, berkurangnya mobilitas, dan minum lebih banyak obat yang dapat memperlambat kesehatan usus.

3. Tingkat aktivitas
Peristaltik adalah gerakan usus bagian dalam yang mendorong bahan makanan yang dicerna untuk dibuang sebagai kotoran. Gerakan peristaltik dapat dibantu melalui aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau melakukan bentuk olahraga lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com