Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dampak Positif dan Negatif Film Horor bagi Kesehatan

Kompas.com - 12/10/2020, 12:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apakah kamu senang menonton film horor? Meski seram, penggemar film jenis ini rupanya tidak sedikit mengingat film-film horor biasanya laku.

Namun jika kamu termasuk orang yang takut untuk menyaksikan film genre ini, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa ada orang yang rela membayar demi mendapatkan rasa ngeri dan deg-degan sepanjang film.

Umumnya, orang-orang menganggap rasa takut sebagai emosi yang tidak menyenangkan. Tapi sebagian orang lainnya justru senang memicu rasa takut ini, misalnya dengan melakukan kegiatan bungee jumping atau menonton film horor.

Banyak orang yang ingin menguji dan mengetahui seberapa tinggi keberanian mereka saat menonton film horor. Mereka ingin tahu tingkat rasa takut yang bisa mereka tolerir, dan tidak jarang muncul kepuasan tersendiri ketika mereka mampu menahan rasa takutnya.

Di samping rasa puas tersebut, beberapa hal di bawah ini juga bisa menjadi alasan seseorang menjadi suka menonton film seram:

1. Mengeksplorasi ‘sisi gelap’

Sebuah studi dari Temple University di Jepang menemukan bahwa banyak orang yang merasa penasaran dan tertarik dengan ‘sisi gelap’ dari kehidupan manusia. Karena itu, mereka ingin mencoba untuk memahaminya.

Ini juga berlaku untuk film horor. Plot dan kejadian dalam film horor umumnya berbeda dari kehidupan sehari-hari dan tak jarang yang aneh. Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang tertarik untuk menontonnya.

Baca juga: Penggemar Film Horor, Sudah Tahu Dampaknya untuk Kesehatan?

2. Memiliki kepribadian tipe T

Orang-orang yang hobi menonton film horor termasuk golongan orang yang memiliki kepribadian tipe T. Apa maksudnya?

Tipe T mengacu pada orang-orang dengan kepribadian thrill-seeking. Tipe kepribadian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu big T dan small T.

Orang-orang dengan jenis kepribadian big T menyukai ketidakpastian, hal yang baru, dan rasa ingin tahu saat membuat keputusan. Contohnya, mereka yang hobi melakukan skydiving atau memiliki profesi sebagai stuntman.

Sedangkan orang-orang dengan kepribadian small T menyukai hal-hal yang stabil, mudah ditebak, dan dapat dipercaya. Salah satunya adalah penggemar film horor.

Film horor merupakan media thrill-seeking yang menyenangkan. Pasalnya, tubuh akan mengalami reaksi fisik pada sesuatu yang ada di layar, tetapi kita tetap menyadari bahwa kejadian tersebut tidaklah nyata.

Hal inilah yang kemudian memberikan sensasi senang tanpa perlu menempatkan diri dalam bahaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com