Kompas.com - 12/10/2020, 15:27 WIB
Ilustrasi demam Wavebreakmedia LtdIlustrasi demam

KOMPAS.com - Demam adalah salah satu gejala Covid-19. Namun, demam bukanlah gejala spesifik Covid-19 dan bisa merupakan gejala penyakit lainnya.

Di masa pandemi seperti saat ini, seseorang yang terserang demam cenderung dengan cepat menduga dirinya terinfeksi Covid-19. Padahal, dugaan itu belum tentu tepat.

Nah, adakah cara membedakan antara demam biasa atau gejala Covid-19?

Dokter Spesialis Anak dr. Denny Wellyam Sigarlaki, M.Sc, Sp.A menjelaskan, demam bisa terjadi karena beberapa hal, seperti infeksi, masuknya kuman penyakit, virus, bakteri, parasit, dan lainnya.

Hal pertama yang perlu dicari tahu ketika seseorang mengalami demam adalah gejala lainnya.

Pada Covid-19, gejala yang dialami dewasa dan anak kurang lebih sama, yakni demam, batuk, penurunan kemampuan penciuman, sesak napas, bisa disertai diare, dan lainnya.

"Sebenarnya Covid-19 tidak ada (gejala) yang spesifik," ucap dr. Denny dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Pekanbaru, Senin (12/10/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah melihat gejala, cobalah memeriksa riwayat kontak pasien. Misalnya, apakah dia pernah bertemu dengan seseorang yang terkonfirmasi positif dalam waktu dekat, pernah berkunjung ke zona merah Covid-19 dan berinteraksi dengan masyarakat setempat, atau lainnya.

Baca juga: Alergi, Flu dan Virus Corona, Bagaimana Membedakan Gejalanya?

Jika penderita adalah anak, mungkin anak hanya berdiam di rumah selama pandemi. Oleh karena itu ia kemungkinan tidak berkontak dengan seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun, bisa saja ia tertular dari orang yang tinggal satu rumah dengannya. Maka, pemeriksaan kontak dengan anggota keluarga lainnya juga sangat penting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.