Manfaat Merawat Tanaman bagi Kesehatan Mental

Kompas.com - 12/10/2020, 18:23 WIB
Menegelap daun tanaman hias menggunakan cairan susu ternyata mamou membuat daun tersebut terlihat mengkilap. Shutterstock/ Marianna KarabutMenegelap daun tanaman hias menggunakan cairan susu ternyata mamou membuat daun tersebut terlihat mengkilap.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini memelihara tanaman sedang menjadi tren, dan banyak orang mulai memburu berbagai jenis tanaman.

Hal ini antara lain terjadi karena pandemi, di mana kebiasaan pergi ke luar rumah juga menjadi berkurang sehingga orang memiliki lebih banyak waktu di rumahnya.

Nah, menariknya, memelihara atau merawat tanaman itu justru punya banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Bahkan, sebuah organisasi nirlaba American Horticultural Therapy Association telah mengadvokasi kekuatan terapeutik dalam merawat tanaman di rumah, industri perawatan kesehatan, dan lingkungan akademisi.

Terapi hortikultura sebenarnya sudah digunakan sejak akhir abad ke-19 ketika bapak psikiatri Amerika, Dr. Benjamin Rush mendokumentasikan efek positif dari tanaman terhadap pasien penyakit mental.

Sampai sekarang, taman terapeutik ada di rumah sakit dan fasilitas perawatan sehingga lebih banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari merawat tanaman.

Baca juga: Tanaman Kini Diresepkan untuk Atasi Kecemasan dan Depresi

Lebih lanjut, berikut ini manfaat dari merawat tanaman bagi kesehatan mental yang dilansir dari laman Livekindly.

1. Mengurangi rasa cemas dan stres

Beberapa penelitian kecil telah menganalisis hubungan berada di dekat tanaman dalam ruangan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology menemukan, bahwa berinteraksi dengan tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres secara psikologis dan fisiologis.

Halaman:


Sumber livekindly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X