Kompas.com - 13/10/2020, 05:35 WIB
Ilustrasi cruelty free shutterstockIlustrasi cruelty free
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama ini, hewan kerap menjadi bahan uji coba untuk berbagai produk dalam industri kosmetik dan farmasi.

Hal itu sering kali dianggap kurang etis dan kerap menimbulkan protes di kalangan pecinta hewan.

Untuk menghindarinya, para peneliti kini tengah mencoba cara baru yang bisa berkelanjutan dan dihasilkan secara langsung dari manusia.

Salah satunya dengan mengembangkan sistem kultur kulit manusia yang dapat membantu menggantikan pengujian hewan dalam industri kosmetik dan farmasi.

Adalah perusahaan yang berasal dari University of Dundee’s School of Life Sciences, Ten Bio Ltd. didirikan oleh Dr. Robyn Hickerson dan Dr. Michael Conneely.

Perusahaan ini pada awalnya menciptakan model kulit eksplan (kulit yang dikultur diperoleh dari operasi) untuk program penemuan obat mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah bertahun-tahun berkembang, keduanya menemukan bahwa model kulit manusia buatannya sangat mirip dengan aslinya, sehingga memungkinkan pengujian yang lebih akurat daripada menggunakan hewan.

Disebut TenSkin, produk ini meniru ketegangan kulit manusia yang nyata dan hidup, dan memungkinkan uji keamanan yang lebih akurat.

"Dengan meregangkan kulit ke ketegangan yang optimal, kami telah menciptakan model yang memungkinkan perusahaan farmasi dan kosmetik menghasilkan data praklinis yang akan jauh lebih prediktif dari apa yang mungkin dilihat di sini," kata Dr. Coneely..

Pengujian hewan untuk farmasi sebenarnya sudah menjadi kontroversi karena alasan etika dan itu bukan metode yang dapat diandalkan untuk memberikan hasil yang akurat.

Halaman:


Sumber livekindly
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.