Mengenal Diet Okinawa yang Dipercaya Bikin Umur Panjang

Kompas.com - 13/10/2020, 06:00 WIB
Penduduk Okinawa, Jepang, terkenal panjang umur dan terhindar dari penyakit. Banyak di antara mereka yang hidup sampai usia di atas 90 tahun. SHUTTERSTOCK/beeboysPenduduk Okinawa, Jepang, terkenal panjang umur dan terhindar dari penyakit. Banyak di antara mereka yang hidup sampai usia di atas 90 tahun.

KOMPAS.com – Penduduk Kepulauan Okinawa, Jepang terkenal dengan pola hidup sehat dan umur panjang.

Bahkan wilayah tersebut mendapat predikat zona biru lantaran rata-rata masa hidup penduduknya lebih lama jika dibanding angka harapan hidup.

Hal itu pula yang menyebabkan Okinawa memiliki konsentrasi penduduk centenarian (berusia lebih dari 100 tahun) tertinggi di dunia.

Baca juga: Berkebun Bisa Bikin Umur Panjang, Ini Penjelasannya

Konon, kunci umur panjang penduduk di sana adalah diet tradisional yang tinggi karbohidrat, rendah kalori, serta fokus pada tanaman dan sayuran yang ditanam sendiri.

Diet Okinawa berisi makanan padat nutrisi tetapi rendah kalori, sehingga membuat penduduknya mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Dari data diketahui, penduduk di sana hanya mengonsumsi 11 persen dari jumlah kalori harian yang disarankan yaitu 2000 dan 2500 kalori per hari.

Diet Okinawa

Sejak pertengahan abad ke-20, diet Okinawa menjadi pola makan para penduduk. Bila dibuat perbandingan, pola makan memiliki rasio 10 : 1 antara karbohidrat dan protein.

Penduduk lebih banyak mengonsumsi sayuran yang ditanam di rumah, tahu, dan beberapa makanan laut.

Baca juga: Cerita Umur Panjang Mereka yang Berusia di Atas 100 Tahun

Selain itu, untuk makanan pokok, penduduk mengonsumsi beni imo dan talas putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber livekindly
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X