Kompas.com - 13/10/2020, 06:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh yang bisa disebabkan oleh infeksi virus dan beberapa penyebab lainnya.

Jika terjadi pada anak, kondisi ini sering kali membuat orangtua panik. Padahal, menurut Dokter Spesialis Anak dr. Denny Wellyam Sigarlaki, M.Sc, Sp.A, orangtua idealnya segera berupaya mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan anak karena demam.

Adapun suhu tubuh normal berkisar antara 36,5 - 37,5 derajat Celcius. Sehingga suhu tubuh di atas itu sudah menunjukkan tanda demam.

"Bisa berikan obat penurun panas untuk mengurangi ketidaknyamanan dia. Cairan mungkin kurang, atur suhu lingkungan kalau bayi baru lahir buka bedong jangan terlalu kencang."

Demikian diungkapkan dr. Denny dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Pekanbaru, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Demam Biasa atau Gejala Covid-19, Adakah Perbedaannya?

Ia mengingatkan bahwa demam tidak hanya gejala Covid-19, namun juga bisa menjadi gejala penyakit lain, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) atau campak.

Oleh karena itu, orangtua idealnya segera membawa anak ke rumah sakit jika demam anak sudah menunjukkan tanda kegawatan. Beberapa tanda tersebut antara lain:

  • Demam tinggi selama tiga hari atau lebih.
  • Muntah-muntah.
  • Mencret disertai tidak mau makan dan minum.
  • Nyeri perut hebat.
  • Batuk hingga sesak sehingga anak sulit bernapas dan berbicara.
  • Pendarahan.
  • Kejang, hingga
  • Penurunan kesadaran (bisa juga ditunjukkan dengan anak terlalu sering ngantuk dan sangat sulit dibangunkan).

"Demam disertai tanda gawat jangan sampai menunda ke rumah sakit. Kalau ragu, bisa telemedicine atau WA dokternya, pastikan kondisi ini tidak bisa lagi ditunda untuk ke rumah sakit," tegasnya.

Baca juga: Ternyata, Infeksi Covid-19 Tak Selalu Disertai Gejala Awal Demam



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X