Kompas.com - 13/10/2020, 10:49 WIB
Ilustrasi bra ShutterstockIlustrasi bra

KOMPAS.com - Banyak hal yang berubah selama masa pandemi, atau work from home (WFH). Termasuk bagaimana kita tidak berdandan, tidak berpakaian rapi setiap hari untuk pergi bekerja, hingga tidak mengenakan bra bagi perempuan.

Meski terdengar sederhana, namun perubahan ini memberikan efek yang cukup besar bagi kebanyakan perempuan.

"Tidak mengenakan bra sepenuhnya dapat memberikan momen kenyamanan yang memuaskan dan membebaskan," pendiri merek pakaian dalam Okko, Phoebe Kunitomi, seperti dilansir Well and Good

Meskipun, sebagian orang menilai pergi keluar rumah tanpa bra tetap tidak nyaman, bahkan terasa menyakitkan.

"Sama sekali tidak ada dukungan itu menyakitkan. Bagi sebagian dari kita, payudara itu berat, dan tanpa penyangga apa pun, beban itu dapat membebani punggung dan memperburuk postur tubuh kita, terutama jika kita melakukan aktivitas berat," ungkap wakil presiden merek pakaian dalam Le Mystere, Jessica Pfister.

Tidak mengenakan bra untuk sementara waktu mungkin bisa membuat sebagian perempuan sakit punggung dan mengalami masalah postur. Namun, dokter kebidanan dan ginekologi dari New York City, Lucky Sekhon, MD menyebutkan, ada sejumlah manfaat yang didapatkan karena tidak mengenakan bra.

"Perempuan dengan payudara yang lebih besar mungkin awalnya merasa lebih tidak nyaman karena otot mereka pada awalnya mungkin lemah dan tidak merasa cukup kuat untuk memberikan dukungan yang memadai tanpa bra."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun, seiring berjalannnya waktu, tubuh mereka akan menyesuaikan dan secara alami mulai mendukung jaringan payudara dengan tepat, tanpa bantuan bra," ungkap Dr. Sekhon.

Berikut empat dampak yang terjadi jika kita memutuskan untuk berhenti memakai bra sementara waktu:

1. Memperbaiki bentuk otot dan payudara
Menurut Dr. Sekhon, telah ada bukti bahwa memakai bra dapat membuat otot-otot dan ligamen yang menopang payudara menjadi malas dari waktu ke waktu, yang menyebabkan payudara dapat mengendur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X