Kompas.com - 13/10/2020, 12:23 WIB
Ilustrasi bersyukur shutterstockIlustrasi bersyukur

KOMPAS.com - Memanjakan diri terkadang diperlukan untuk mengatasi stres dan merasa senang. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk bahagia, yaitu bersyukur.

Secara psikologis, rajin bersyukur membuat seseorang mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar. Selain itu, bersyukur juga berpengaruh terhadap otak.

Peneliti Dr. Robert A. Emmons dari University of California dan Dr. Michael E. McCullough dari University of Miami melakukan penelitian tentang dimensi dan perspektif rasa syukur.

Penelitian yang dilakukan pada 2003 itu menemukan orang yang mengungkapkan rasa syukur secara teratur umumnya memiliki tingkat emosi positif yang lebih tinggi.

Mereka juga memiliki watak yang lebih baik dalam hidup dan jarang menunjukkan emosi negatif seperti kecemburuan dan kemarahan.

Selain itu, orang yang bersyukur cenderung lebih optimis, memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi, serta tingkat depresi dan stres lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Siasati Warna-Warni Kehidupan dengan Bersyukur

Mengutip Live Kind, Pusat Penelitian Kesadaran Kesadaran UCLA mengungkapkan bersyukur dapat mengubah struktur saraf otak.

Ketika seseorang mengungkapkan rasa syukur, otak melepaskan dua bahan kimia yaitu dopamin dan serotonin yang memberikan perasaan nyaman.

Dopamin dikaitkan dengan kebahagiaan sedangkan serotonin membantu mengatur suasana hati.

“Berterima kasih kepada Tuhan, diri sendiri, dan sesama atau bersyukur dengan cara apapun dapat mencerahkan pikiran dan membuat seseorang merasa lebih bahagia,” ujar konselor psikiatri Madhuleena Roy Chowdhury.

Halaman:


Sumber livekindly
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.