6 Cara Mengencangkan Payudara Tanpa Operasi Plastik

Kompas.com - 13/10/2020, 13:40 WIB
ilustrasi olahraga dengan kursi shutterstock/Lizardflmsilustrasi olahraga dengan kursi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bentuk dan ukuran payudara pada tiap wanita berbeda tergantung dari faktor genetik dan perubahan-perubahan fisik yang terjadi sepanjang hidupnya. Cepat atau lambat, payudara kendur pasti terjadi.

Jika payudara kendur mulai terjadi, Anda mungkin bisa mencoba beberapa cara mengencangkan payudara tanpa operasi.

Payudara terbentuk dari jaringan lemak. Dalam jaringan lemak ini, ada lobul atau kelenjar yang di dalamnya terdiri dari lobules yang berfungsi memproduksi air susu ibu (ASI).

Jaringan payudara sendiri tidak memiliki otot. Meski begitu, ada otot dada di balik jaringan payudara yang menopangnya.

Masalahnya, kulit payudara rentan mengalami peregangan sesuai ukuran payudara yang berubah-ubah. Contohnya, ukuran payudara akan membesar dan mengecil jika terjadi kenaikan dan penurunan berat badan.

Demikian juga saat seorang wanita mengalami kehamilan dan masa menyusui, payudara akan membesar kemudian mengecil setelah masa-masa ini lewat.

Berat badan yang sering naik-turun tidak stabil atau kehamilan dan masa menyusui yang terjadi beberapa kali, bisa menyebabkan kulit payudara kehilangan elastisitas dan payudara akhirnya menjadi kendur.

Baca juga: Ingin Payudara Tetap Kencang? Ini 5 Tips Merawatnya

Mengencangkan payudara secara alami

Tanpa tindakan operasi plastik, payudara tidak akan bisa sepenuhnya kembali kencang dan berisi.

Tetapi sederet cara mengencangkan payudara yang alami di bawah ini tetap dapat membantu dalam memperbaiki penampilan payudara Anda:

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X