Kedelai Menurunkan Risiko Kanker Payudara, Fakta atau Mitos?

Kompas.com - 13/10/2020, 13:49 WIB
Ilustrasi kedelai Ilustrasi kedelai
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai tanaman jenis polong-polongan, kacang kedelai ternyata merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang bagus, dipenuhi dengan vitamin, mineral, serat, dan asam lemak omega-3.

Selain semua nutrisi tersebut, kedelai juga mengandung fitoestrogen yang disebut isoflavon, senyawa kimia yang mirip dengan hormon estrogen manusia meskipun kekuatannya jauh lebih lemah.

Menurut beberapa artikel, terlalu banyak isoflavon bisa mengganggu endokrin yang mungkin meningkatkan risiko kanker payudara, bahkan mungkin memicu tumor.

Nah, apakah benar mengonsumsi kedelai justru membuat kita terkena kanker payudara?

Dalam sebuah penelitian besar di Asia, para wanita yang makan banyak kedelai terbukti memiliki risiko rendah kanker payudara.

Kedelai bahkan memiliki efek perlindungan dalam menjaga produksi estrogen tetap terkendali.

Analisis jurnal PLOS-One dari lebih dari 30 penelitian menunjukkan, asupan kedelai mengurangi risiko kanker payudara untuk wanita pra dan pascamenopause di negara-negara Asia.

Penelitian lain menemukan bahwa kedelai dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan hipertensi.

Baca juga: Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara, Simak Tahapannya

Sebenarnya, isoflavon jauh lebih lemah daripada estrogen yang diproduksi dalam tubuh kita.

Jadi, jika zat yang lebih lemah tersebut menggantikan hormon yang lebih kuat dalam sel, zat tersebut dapat menangkal kanker yang membutuhkan sinyal lebih kuat dari estrogen untuk berkembang.

Halaman:


Sumber the Beet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X