Tanpa Bra, Nikita Mirzani Berpesan Tentang Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 13/10/2020, 16:02 WIB
Artis Nikita Mirzani saat menunggu persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020). NIkita menjalani sidang putusan atas dugaan penganiayan kepada mantan suaminya Dipo Latief. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOArtis Nikita Mirzani saat menunggu persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020). NIkita menjalani sidang putusan atas dugaan penganiayan kepada mantan suaminya Dipo Latief.

KOMPAS.com—Artis peran yang juga pembawa acara, Nikita Mirzani, turut merayakan No Bra Day atau hari tanpa bra yang jatuh setiap tanggal 13 Oktober.

Nikita memperingati hari ini dengan mengunggah foto dirinya bersama rekan seprofesinya, Dinar Candy tanpa menggunakan bra.

Foto tersebut menunjukkan punggung Niki dan Dinar yang membelakangi kamera. Keduanya tampak berada di kamar mandi dengan shower air di tangan.

Ibu tiga anak itu menuliskan keterangan.

“Selamat Hari Tanpa Bra Sedunia dan jangan lupa untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker payudara Happy international NO BRA 13 october, #NoBraDay #NationalNoBraDay #breastcancerawareness,” tulis Nikita dalam laman Instagramnya seperti dikutip, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Tanpa Bra Sedunia

No Bra Day sendiri merupakan gerakan yang lahir pada tahun 2011, bertepatan dengan Bulan Kanker Payudara yang diperingati setiap bulan Oktober.

Kampanye hari tanpa bra dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, screening, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara.

Para wanita dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mammogram pada 13 Oktober, yang dapat membantu mendeteksi kanker payudara hingga dua tahun sebelum kanker dapat dirasakan oleh pasien atau dokter.

Hari Tanpa Bra ini juga diperingati dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti keluar tanpa bra, berdonasi dan mengenakan pakaian ungu pada hari itu.

Tanda pagar #NoBraDay juga menjadi salah satu trending topik di jagad Twitter, warganet menuliskan pendapat mereka tentang hari tanpa BH ini.

Ada yang memahami bahwa No Bra Day bukan berarti harus keluar rumah tanpa mengenakan bra, namun untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara yang mengintai wanita.

Namun ada juga yang salah dalam memahami makna No Bra Day yang sesungguhnya, dan menjadikannya bahan candaan, bahkan meminta perempuan menggungah foto tanpa bra. 

Baca juga: Hari Tanpa Bra Bukan Soal Membagikan Foto Tanpa Bra



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X