Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Bra, Nikita Mirzani Berpesan Tentang Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 13/10/2020, 16:02 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com—Artis peran yang juga pembawa acara, Nikita Mirzani, turut merayakan No Bra Day atau hari tanpa bra yang jatuh setiap tanggal 13 Oktober.

Nikita memperingati hari ini dengan mengunggah foto dirinya bersama rekan seprofesinya, Dinar Candy tanpa menggunakan bra.

Foto tersebut menunjukkan punggung Niki dan Dinar yang membelakangi kamera. Keduanya tampak berada di kamar mandi dengan shower air di tangan.

Ibu tiga anak itu menuliskan keterangan.

“Selamat Hari Tanpa Bra Sedunia dan jangan lupa untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker payudara Happy international NO BRA 13 october, #NoBraDay #NationalNoBraDay #breastcancerawareness,” tulis Nikita dalam laman Instagramnya seperti dikutip, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Tanpa Bra Sedunia

No Bra Day sendiri merupakan gerakan yang lahir pada tahun 2011, bertepatan dengan Bulan Kanker Payudara yang diperingati setiap bulan Oktober.

Kampanye hari tanpa bra dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, screening, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara.

Para wanita dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mammogram pada 13 Oktober, yang dapat membantu mendeteksi kanker payudara hingga dua tahun sebelum kanker dapat dirasakan oleh pasien atau dokter.

Hari Tanpa Bra ini juga diperingati dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti keluar tanpa bra, berdonasi dan mengenakan pakaian ungu pada hari itu.

Tanda pagar #NoBraDay juga menjadi salah satu trending topik di jagad Twitter, warganet menuliskan pendapat mereka tentang hari tanpa BH ini.

Ada yang memahami bahwa No Bra Day bukan berarti harus keluar rumah tanpa mengenakan bra, namun untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara yang mengintai wanita.

Namun ada juga yang salah dalam memahami makna No Bra Day yang sesungguhnya, dan menjadikannya bahan candaan, bahkan meminta perempuan menggungah foto tanpa bra. 

Baca juga: Hari Tanpa Bra Bukan Soal Membagikan Foto Tanpa Bra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com