Kompas.com - 13/10/2020, 18:24 WIB
Koleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020. Dok. AKSUKoleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020.

KOMPAS.com - Brand mode lokal, AKSU meluncurkan koleksi ready to wear terbarunya yang diberi nama "PATEH". Koleksi Pateh diluncurkan melalui peragaan busana internasional Paris Fashion Week 2020 (PFW) Musim Semi/Musim Panas yang diselenggarakan secara digital, 5 Oktober lalu.

Peluncuran koleksi ini sekaligus menandai tiga tahun berkarya brand yang mendukung "slow-fashion" dan pemberdayaan masyarakat lokal itu.

Aksu selalu merilis koleksi dengan budaya yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini, budaya yang dipilih adalah Pulau Bali yang dikenal karena eksotismenya dan suku tertuanya, yakni Bali Aga.

Koleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020.Dok. AKSU Koleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020.

Koleksi yang terdiri dari 10 pakaian perempuan itu merangkum bagaimana orang-orang Bali menanamkan keseimbangan dalam kehidupan sehari-harinya, pada suka-duka atau pun baik-jahat.

Konsep keseimbangan itu membuat mereka begitu menghargai perbedaan sekaligus menjadi satu dan setara.

"Menjadi PATEH, istilah lokal yang berarti “sama”. Demikian konsep penyeimbangan dualitas, seperti bagaimana masyarakat adat Bali Aga menganut kesetaraan dan penghormatan di antara semua makhluk hidup."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini juga terhubung ke filosofi Bali, "Rwa Bhineda" yang mendefinisikan bagaimana dua hal yang berlawanan akan menciptakan keseimbangan kosmik," demikian diungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Koleksi ini banyak menyertakan aksen tali, simpul dan lilitan, yang mencerminkan harmoni hubungan dan kebersamaan orang Bali.

Potongan dibuat rapi dan sederhana, memberi kesan proporsi yang seimbang dalam setiap busana.

Koleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020.Dok. AKSU Koleksi PATEH dari AKSU yang tampil secara virtual di Paris Fashion Week 2020.

Unsur tradisional yang diinjeksikan ke dalam koleksi ini juga termasuk ritual "Perang Pandan" dari Bali Aga, sebuah ritual

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.