Kompas.com - 13/10/2020, 19:37 WIB
Ilustrasi kanker payudara ShutterstockIlustrasi kanker payudara

KOMPAS.com - Risiko kanker payudara pada perempuan muda sebenarnya cukup rendah. Namun, bukan berarti bebas risiko sama sekali. Deteksi dini adalah kunci agar kanker ditemukan di stadium awal sehingga peluang sembuh lebih besar.

Tammy Chen, perempuan muda berusia 28 tahun asal Singapura, tak pernah menyangka akan menderita kanker di usianya. Bahkan, ia harus menjalani masektomi ganda alias mengangkat kedua payudaranya.

Awalnya Tammy menemukan benjolan di payudara pada November tahun lalu. Ia kemudian memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Setelah dilakukan pemeriksaan USG, Tammy diberi tahu benjolan pada payudaranya masih ‘normal’. Tapi dirinya diminta untuk datang tiga bulan kemudian untuk memantau kondisinya.

Namun, ketika itu pandemi Covid-19 terjadi di Singapura. Lalu ketika aturan pembatasan dilonggarkan, Tammy sibuk dengan pekerjaannya sebagai agen asuransi sehingga menunda pertemuannya dengan dokter.

Tammy merasa tidak khawatir karena ia karena rutin berolahraga dan menganggap dirinya sehat. Selain itu, ia tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara.

Baca juga: Tanpa Bra, Nikita Mirzani Berpesan Tentang Risiko Kanker Payudara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bulan Agustus 2020, Tammy tiba-tiba merasa gelisah dan memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Dari hasil pemeriksaan benjolan yang ada di payudaranya semakin membesar dan berubah bentuk. Dokter kemudian melakukan biopsi dan diketahui Tammy terkena kanker payudara.

Saat mendapat kabar tersebut, dirinya sempat syok dan tidak tahu harus melakukan apa. Ada dua pertanyaan di benak Tammy, yaitu apakah ia akan mati dan apakah ia harus menjalani kemoterapi.

"Tetapi saya sadar harus menenangkan diri dan mendengarkan semua yang dikatakan dokter,” katanya.

Baca juga: Terdiagnosis Kanker Payudara, Haruskah Payudara Diangkat?

Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.