Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Kanker Payudara di Usia 28 Tahun, Wanita Ini Jalani Masektomi Ganda

Kompas.com - 13/10/2020, 19:37 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber asiaone

KOMPAS.com - Risiko kanker payudara pada perempuan muda sebenarnya cukup rendah. Namun, bukan berarti bebas risiko sama sekali. Deteksi dini adalah kunci agar kanker ditemukan di stadium awal sehingga peluang sembuh lebih besar.

Tammy Chen, perempuan muda berusia 28 tahun asal Singapura, tak pernah menyangka akan menderita kanker di usianya. Bahkan, ia harus menjalani masektomi ganda alias mengangkat kedua payudaranya.

Awalnya Tammy menemukan benjolan di payudara pada November tahun lalu. Ia kemudian memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Setelah dilakukan pemeriksaan USG, Tammy diberi tahu benjolan pada payudaranya masih ‘normal’. Tapi dirinya diminta untuk datang tiga bulan kemudian untuk memantau kondisinya.

Namun, ketika itu pandemi Covid-19 terjadi di Singapura. Lalu ketika aturan pembatasan dilonggarkan, Tammy sibuk dengan pekerjaannya sebagai agen asuransi sehingga menunda pertemuannya dengan dokter.

Tammy merasa tidak khawatir karena ia karena rutin berolahraga dan menganggap dirinya sehat. Selain itu, ia tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara.

Baca juga: Tanpa Bra, Nikita Mirzani Berpesan Tentang Risiko Kanker Payudara

Pada bulan Agustus 2020, Tammy tiba-tiba merasa gelisah dan memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Dari hasil pemeriksaan benjolan yang ada di payudaranya semakin membesar dan berubah bentuk. Dokter kemudian melakukan biopsi dan diketahui Tammy terkena kanker payudara.

Saat mendapat kabar tersebut, dirinya sempat syok dan tidak tahu harus melakukan apa. Ada dua pertanyaan di benak Tammy, yaitu apakah ia akan mati dan apakah ia harus menjalani kemoterapi.

"Tetapi saya sadar harus menenangkan diri dan mendengarkan semua yang dikatakan dokter,” katanya.

Baca juga: Terdiagnosis Kanker Payudara, Haruskah Payudara Diangkat?

Dokter mengatakan tingkat kelangsungan hidup kanker payudara mencapai 80-100 persen. Terlebih kanker payudara di usia 20-an sangat jarang terjadi.

Tammy Chen, penyintas kanker payudara.Asiaone Tammy Chen, penyintas kanker payudara.

Mengangkat kedua payudara

Kanker payudara yang menyerang Tammy yaitu jenis Mucinous Carcinoma and Ductal Carcinoma In-situ, biasanya hanya terjadi pada perempuan berusia 50-an dan 60-an. Jenis kanker ini lambat menyebar dan tumbuh subur pada hormon perempuan.

Umumnya pengobatan untuk jenis kanker payudara tersebut hanyalah pengobatan oral dan tidak melakukan operasi.

Halaman:
Sumber asiaone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com