Kompas.com - 14/10/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi mengenakan masker dan kacamata shutterstockIlustrasi mengenakan masker dan kacamata
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mulai memahami bahwa penggunaan masker selama masa pandemi Covid-19 ini tidak hanya melindungi dirinya dari terpapar virus, tetapi juga orang lain.

Di samping itu, memakai masker juga memungkinkan penyakit tidak akan menjadi lebih parah jika kita terinfeksi virus tersebut.

Mengingat virus ini dapat menembus berbagai jenis kekebalan tubuh manusia, maka masker bisa jadi salah satu alasan mengapa ada kasus Covid-19 ringan dan bahkan tanpa bergejala.

Covid-19 dipercaya dapat menyebar melalui droplet ketika orang-orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Menurut profesor mikrobiologi dan imunologi di Tulane University School of Medicine, Robert F. Garry, masker bisa menjadi penghalang bagi semburan droplet.

Faktanya, masker kain dapat memblokir sekitar 40 hingga 60 persen droplet sementara masker N95 memblokir 95 persen partikel yang sangat kecil, termasuk virus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Garry mengatakan, semakin banyak virus masuk ke dalam tubuh maka akan semakin cepat gejala berkembang dan membuat penyakitnya juga semakin parah.

Baca juga: Cara Gampang Cegah Penyebaran Covid-19, Pakai Masker

Berdasarkan gagasan ini, ahli penyakit infeksi Monica Gandhi dan rekan-rekannya di University of California, San Francisco berpendapat bahwa penggunaan masker dapat membantu mengurangi keparahan Covid-19 ketika orang menjadi sakit.

Gandhi mencatat adanya bukti dalam literatur yang menunjukkan bahwa hal ini mungkin terjadi dengan Covid-19.

Baru-baru ini terdapat sebuah penelitian yang mensimulasikan masker terhadap hamster dan kemungkinan hamster bermasker lebih kecil risikonya untuk tertular Covid-19.

Namun peneliti juga mendapati, hewan yang terinfeksi juga memiliki penyakit yang lebih ringan ketika mereka memakai masker saat tertular.

Selain itu, bukti epidemiologi di kapal pesiar dan pabrik pengolahan makanan telah menunjukkan tingkat infeksi tidak bergejala (asimtomatik) yang lebih tinggi setelah kewajiban masker diterapkan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa penggunaan masker di seluruh populasi merupakan hal penting bagi kita untuk melewati pandemi karena masker mengurangi penularan dan menjadikan penyakit tidak terlalu parah.

Baca juga: Apakah Perlu Memakai Masker Saat Naik Mobil Sendirian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.