Kompas.com - 14/10/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi olahraga zumba. ShutterstockIlustrasi olahraga zumba.

KOMPAS.com - Di tengah masa pandemi, banyak pusat kebugaran ditutup. Beberapa di antaranya mengalihkan kelas-kelas olahraga mereka ke kelas olahraga virtual.

Kelas olahraga virtual bisa diikuti dari mana saja dan lebih praktis. Namun, karena tidak ada instruktur yang mengawasi kita secara langsung, bagaimana jika terjadi cedera?

Fitness First adalah salah satu pusat kebugaran yang menawarkan kelas olahraga virtual dan sesi personal training virtual.

Untuk menghindari cedera ketika mengikuti kelas olahraga virtual, National Fitness Manager Fitness First Koko Koswara menyarankan agar sejak awal kita memilih kelas sesuai dengan tingkat kebugaran dan kemampuan masing-masing.

"Jangan pernah memaksakan kelas yang high impact atau high intensity kalau kondisi kebugaran kita sedang tidak bagus, apalagi mencoba ikut kelas yang belum pernah diikuti sebelumnya," ungkap Koko kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebetulnya, kita tetap bisa mencoba mengikuti kelas yang belum pernah diikuti sebelumnya. Biasanya, instruktur akan bertanya di awal sesi, apakah ada pemula di kelas tersebut.

"Supaya enjoy dan terhindar dari cedera, akan ada instruktur yang di awalnya bertanya, apakah ada yang pertama kali ikut? Kalau ada, mereka akan memberi opsi gerakan," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Namun, jika cedera sudah terlanjur terjadi, ada beberapa langkah penanganan awal yang bisa kamu lakukan.

Pertama, segera istirahatkan bagian tubuh yang mengalami cedera dan hentikan aktivitas yang menimbulkan nyeri atau memperburuk kondisi.

Untuk meredakan nyeri, kamu juga bisa meletakkan kantong berisi es batu atau air dingin pada bagian tubuh yang cedera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.