Kompas.com - 14/10/2020, 18:10 WIB
Ilustrasi sesi konsultasi. ShutterstockIlustrasi sesi konsultasi.

KOMPAS.com - Masalah kesehatan mental dapat memengaruhi suasana hati, cara berpikir, dan perilaku seseorang. Gejala yang terjadi pada setiap orang umumnya berbeda-beda. Mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat.

Ada banyak jenis masalah kesehatan mental. Tapi yang paling sering terjadi adalah kecemasan, depresi, OCD, bipolar, dan skizofrenia.

Saat ini, semakin banyak masyarakat yang peduli dengan kondisi kesehatan mentalnya. Selain itu, banyak pula yang tak ragu untuk memeriksakan diri ke tenaga profesional apabila merasa mentalnya bermasalah.

Tapi di sisi lain, sebagian orang masih bingung harus berobat ke psikolog atau psikiater. Ya, meskipun sama-sama menangani masalah kesehatan mental, psikolog dan psikiater memiliki fungsi yang berbeda.

Psikolog merupakan ahli psikologi yang mampu mengatasi masalah kejiwaan dan mendiagnosis dengan melihat gejala psikologis. Psikolog biasanya menangani pasien lewat psikoterapi.

Baca juga: 6 Tips Parenting Anak Cerdas Sesuai Rekomendasi Psikolog

Sedangkan psikiater adalah tenaga medis yang telah menempuh pendidikan kedokteran spesialis kejiwaan. Dalam penanganan pasien, psikiater biasanya memberikan obat-obatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana cara menentukan seseorang harus berobat ke psikolog atau ke psikiater untuk menangani masalah kesehatan mentalnya?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kejiwaan Indonesia (PDSKJI), dr Diah Setia Utami, Sp.KJ, MARS menjelaskan, untuk menentukan apakah seseorang harus berobat ke psikolog atau psikiater, harus dilihat dari gejala yang timbul.

“Umumnya pada gejala sedang menuju ke berat harus berobat ke psikiater. Sebab mulai ada gangguan dalam fungsi kehidupan,” ujar Diah dalam webinar Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Rabu (14/10/2020).

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh PDSKJI dan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Diah mencontohkan gejala yang menandakan seseorang harus berobat ke psiater yakni kecemasan tingkat tinggi.

Baca juga: Penting, Pahamilah Batasan Kecemasan yang Tak Normal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.