Kolaborasi McDonald's Dengan Travis Scott untuk Menutup Aib, Benarkah?

Kompas.com - 14/10/2020, 18:58 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA @trvisXX.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kerja sama antara McDonald's dan label musik Cactus Jack milik rapper Travis Scott terbukti mendatangkan keuntungan bagi rumah makan cepat saji tersebut.

Dalam kolaborasi ini, McDonald's menambahkan makanan favorit Scott ke menu mereka, yaitu Quarter Pounder dengan keju, bacon dan selada, kentang goreng berukurang sedang dan saus BBQ, serta Sprite.

Di samping menu makanan, Cactus Jack mendesain kaus untuk dipakai para pegawai McDonald's selama masa promosi.

Memang, dari sudut pandang orang awam, kerja sama keduanya murni karena bisnis.

Namun, para kritikus menganggap kerja sama itu memiliki tujuan lain, yakni secara khusus mengalihkan perhatian dari tuntutan hukum diskriminasi rasial.

Sebuah laporan yang dirilis VICE minggu lalu menemukan bahwa signature meals atau makanan favorit Travis Scott berdampak positif bagi penjualan dan harga saham McDonald's.

Akan tetapi, kerja sama itu juga mengaburkan berita terkait dua tuntutan hukum yang diajukan eksekutif dan pemilik waralaba McDonald's yang berkulit hitam.

Gugatan tersebut dirilis pada bulan Januari dan September, di mana sang eksekutif menuding perusahaan melakukan diskriminasi rasial secara terselubung.

Gugatan pertama menyebut perusahaan McDonald's melakukan "pembersihan kejam" terhadap para pimpinan berkulit hitam serta lingkungan kerja yang tak ramah dan kasar bagi eksekutif dan pemilik waralaba berkulit hitam.

Baca juga: Akhirnya, Kolaborasi McDonalds X Travis Scott Terwujud, Apa Isinya?

Sementara itu gugatan kedua diajukan oleh 52 pemilik waralaba McDonald's berkulit hitam, yang mengklaim perusahaan melakukan diskriminasi rasial sistematis dan terselubung kepada mereka selama satu dekade.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X