Pasien Sembuh Covid-19 Butuh Pendampingan Psikologis

Kompas.com - 14/10/2020, 21:21 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien positif Covid-19

KOMPAS.com – Bukan hal mudah bagi seseorang untuk menerima dirinya didiagnosis terkena penyakit tertentu. Sama halnya dengan orang-orang yang didiagnosis positif Covid-19.

Mereka bisa mengalami masalah kesehatan mental karena merasa stres. Belum lagi selama masa pemulihan mereka harus diisolasi sehingga tidak bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang terdekat.

Hal itu tentunya bisa menimbulkan masalah kesehatan mental tersendri. Bahkan masalahnya bisa berlanjut hingga mereka dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Dokter spesialis kejiwaan Diah Setia Utami menjelaskan, mereka yang telah sembuh dari Covid-19 mengalami trauma psikologis sehingga harus tetap mendapat pendampingan dari tenaga profesional.

“Mereka yang keluar dari rumah sakit merasa terisolasi, merasa tidak bisa diterima oleh lingkungan, dan pada akhirnya membuat mereka mengisolasi diri,” kata Diah dalam webinar Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Rabu (14/10/2020).

Pasien Covid-19 yang telah sembuh sebaiknya tetap berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.

Tak perlu bertemu langsung, pendampingan bisa dilakukan melalui layanan telemedicine atau konseling daring.

Pendampingan tersebut dilakukan hingga mereka sudah merasa baik-baik saja dan siap untuk kembali ke masyarakat guna melakukan aktivitas seperti semula.

“Lama waktu pendampingan setiap individu enggak sama karena kemampuan adaptasinya beda-beda,” ujar Diah.

Baca juga: Berapa Lama Idealnya Masa Pemulihan Pasien Covid-19?

Di sisi lain, masyarakat juga harus diedukasi bahwa pasien Covid-19 yang telah sembuh bukanlah orang yang harus dijauhi dan diberi stigma negatif.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X