3 Trik Menata Kamar Kos Sempit agar Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 15/10/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi kamar tidur. thespruce.comIlustrasi kamar tidur.

KOMPAS.com - Menata dan mendekorasi ruangan yang luas mungkin tidak terlalu sulit. Namun, menata kamar kos sempit yang luasnya lebih kurang hanya 3x4 mungkin memerlukan trik khusus.

Interior Design Manager IKEA Alam Sutra, Abi Raditya, membagikan triknya. Selain untuk memanfaatkan ruang kamar kos yang tersedia, kamu juga bisa membuatnya tampak lebih luas.

1. Memanfaatkan ruang
Karena luas ruangan yang terbatas, manfaatkanlah setiap sudut semaksimal mungkin. Kamu bisa memanfaatkan tinggi dinding untuk penyimpanan barang, sehingga area lantai menjadi lebih lega.

Selain itu, celah-celah seperti furnitur juga bisa kamu manfaatkan untuk ruang penyimpanan.

"Manfaatkan celah-celah seperti bawah tempat tidur, antara samping lemari dan dinding, untuk penyimpanan," kata Abi kepada Kompas.com.

2. Pilih furnitur multifungsi
Pilih furnitur yang multifungsi, misalnya tempat tidur atau bangku yang memiliki laci penyimpanan. Kamu juga bisa memilih furnitur yang bisa dilipat ketika tidak digunakan, misalnya meja dan kursi lipat.

Ilustrasi meja lipat, meja lipat IVAR dari IKEA.Dok. IKEA Ilustrasi meja lipat, meja lipat IVAR dari IKEA.

Seperti cat dinding, pemilihan warna furnitur yang tepat juga sangat penting. Pilihlah warna furnitur yang cerah dan natural.

Hindari furnitur yang berkesan bulky dan berwarna gelap.

"Furnitur dan cat dinding yang gelap akan menciptakan efek berat dan ruangan yang menjadi tampak penuh," ungkapnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Warna Cat Kamar agar Tidur Lebih Rileks

3. Pilih warna cat dinding yang tepat
Telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, kita disarankan tidak memilih warna cat gelap.

Kamu bisa memilih warna abu-abu muda untuk memberikan kesan luas, atau menggunakan aksen dusty green yang dapat menambah efek segar, dan menenangkan pikiran sehingga dapat lebih nyaman bekerja atau belajar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X