Secuil Kisah Jaket Motor dari Masa ke Masa

Kompas.com - 15/10/2020, 10:09 WIB
Ilustrasi jaket motor berbahan kulit shutterstockIlustrasi jaket motor berbahan kulit
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jaket motor atau motorcycle jacket adalah perlengkapan wajib yang harus dimiliki pengendara motor.

Dari sekadar perlengkapan untuk melindungi pengendara dari terpaan angin saat memacu sepeda motor, jaket ini juga berfungsi menunjang penampilan.

Meski saat ini ada banyak jenis jaket motor, namun awalnya orang mengenal istilah ini sebagai jaket berbahan kulit dengan potongan tertentu yang dibuat untuk mengendarai motor.

Bila dirunut sejarahnya, kepopuleran jaket motor kulit ini tidak lepas dari publik figur Amerika jaman dulu seperti James Dean, Elvis Presley, atau Marlon Brando, yang dalam beberapa kesempatan terlihat mengenakan jaket tersebut.

Karena desain yang klasik, jaket ini masih sering dikenakan banyak selebriti untuk menunjang penampilan mereka, walau tidak sedang naik motor.

Bahkan banyak orang saat ini tetap menyukai jaket motor, kendati mereka tidak memakainya untuk menunggangi si kuda besi.

Awal kemunculan motorcycle jacket

Marlon Brando mengenakan jaket kulit di film The Wild Oneinstagram Marlon Brando mengenakan jaket kulit di film The Wild One
Motorcycle jacket bisa dibilang merupakan item klasik khas Amerika. Menurut catatan, jaket ini pertama kali dibuat perusahaan Schott NYC di tahun 1913, dengan bahan kulit.

Pendiri Schott NYC, adalah Schott bersaudara, Irving dan Jack.

Namun, baru di tahun 1928 Schott NYC melepas jaket motor kulit pertama mereka bernama Perfecto.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X