Sering Disepelekan, Sariawan pada Anak Bisa Berbahaya

Kompas.com - 15/10/2020, 17:43 WIB
Ilustrasi anak mengemut makanan. ThinkstockphotosIlustrasi anak mengemut makanan.

KOMPAS.com Sariawan adalah kondisi peradangan yang terjadi di dalam rongga mulut dan biasa muncul di area seperti pada pipi atau bibir bagian dalam, lidah, langit-langit mulut, gusi, hingga dasar rongga mulut.

Kondisi ini kerap disepelekan. Padahal, jika terjadi pada anak dan dibiarkan berlarut, sariawan bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

Apalagi, bayi atau anak yang masih belum bisa bicara belum bisa menyampaikan keluhannya secara utuh kepada orang dewasa.

Pada anak yang belum bisa bicara, mogok makan bisa menjadi tanda awal ada yang terjadi di dalam mulut anak, termasuk kemungkinan mengalami sariawan.

"Jika sariawan terjadi pada anak, apalagi bayi, akan memengaruhi kualitas kehidupan mereka," ungkap dr. Herwanto, Sp.A dari RS Mitra Keluarga Kalideres dalam media webinar bersama Kalbe, Kamis (15/10/2020).

Nyeri yang dirasakan ketika sariawan akan menyebabkan anak kesulitan makan dan minum, bahkan berbicara.

Jika dibiarkan berlarut, situasi ini dapat mengganggu asupan nutrisi anak, membuatnya lemas, kekurangan cairan, dan pada akhirnya memengaruhi tumbuh kembangnya.

Baca juga: Nyeri Sariawan? Coba Obat Alami Berikut Ini

Pertolongan pertama sariawan pada anak
Sariawan minor (ukuran kurang dari 1 cm) adalah jenis sariawan yang paling banyak terjadi. Namun, jika dibiarkan berlarut dapat berkembang menjadi sariawan mayor yang ukurannya lebih besar dari 1 cm, bisa lebih banyak dari tiga buah, dan membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama.

Beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada sariawan minor pada anak, antara lain:

1. Jika tidak memiliki obat sariawan di rumah, usahakan untuk memperbaiki hidrasi anak dengan memberikan banyak minum. Sebab, sariawan akan menurunkan keinginan makan dan minum anak, sehingga anak berpotensi kekurangan nutrisi dan dehidrasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X