Christian Sugiono dan Titi Kamal Ajari Anak Perilaku Hidup Bersih

Kompas.com - 15/10/2020, 19:45 WIB
Keluarga Christian Sugiono dan Titi Kamal. GridKeluarga Christian Sugiono dan Titi Kamal.

KOMPAS.com - Christian Sugiono dan Titi Kamal termasuk orangtua yang mengajarkan perilaku hidup bersih pada anak-anaknya sedini mungkin. Dimulai dengan kebiasaan mencuci tangan.

Pasangan yang memiliki dua anak laki-laki itu menyadari betul jika cuci tangan memiliki manfaat besar untuk kesehatan anak.

Walau begitu, Tian mengakui bukan hal yang mudah untuk mengajarkan kedua anaknya untuk cuci tangan. Terlebih usia kedua anaknya berbeda sehingga metode yang digunakan tidak sama.

"Kalau Kai yang usianya 2,5 tahun masih sering masukkin tangan ke mulut, jadi harus lebih ekstra ajarin cuci tangan. Saya biasanya pakai video," ujar Tian dalam acara virtual bertajuk #TanganBersihUntukIndonesia, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Reaksi Christian Sugiono Melihat Titi Kamal Penuhi Teras Rumah dengan Tanaman Hias

Pria berusia 39 tahun itu mengatakan, ia sering mengajak anaknya menonton kartun yang bertemakan kesehatan. Biasanya dalam video tersebut kuman digambarkan sebagai 'sosok' menyeramkan.

Dengan melihat 'sosok' tersebut anak Tian menjadi lebih paham tentang kuman sehingga pada akhirnya mau melakukan cuci tangan ketika diminta orangtua.

Cara berbeda diterapkan oleh Tian dan Titi ke anak sulungnya. Saat ini anaknya sudah bersekolah tingkat SD sehingga lebih mudah untuk diberitahu.

"Kalau Juna sudah lebih mengerti, memahami apa itu virus. Saya dan Titi kalau ke dia cara paling benar adalah memberi contoh," imbuh Tian.

Menurutnya anak-anak lebih mudah diajari apabila melihat orangtuanya melakukan hal sama. Jika orangtuanya hanya menyuruh tanpa memberi contoh, biasanya tidak dhiraukan oleh anak.

Baca juga: Tips Titi Kamal dan Christian Sugiono Batasi Porsi Camilan untuk Anak

Tantangan mengajari cuci tangan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X