Suhu yang Sejuk Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 16/10/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com- Ada penjelasan ilmiah mengapa di musim penghujan yang suhunya lebih rendah membuat banyak orang malas gerak dan ingin tidur terus. Suhu yang sejuk membuat tubuh nyaman dan tidur pun lebih nyenyak.

Menurut penelitian, suhu ideal untuk tidur malam adalah sekitar 18,3 derajat Celcius. Suhu ini terkait dengan pengaturan suhu internal tubuh.

Suhu tubuh manusia berubah-ubah dalam 24 jam, yang dikenal dengan irama sirkadian. Suhu tubuh akan turun selama kita tidur dan ruangan yang sejuk (bukan dingin) akan membantu kita tetap nyenyak sepanjang malam.

Menjelang subuh suhu tubuh akan menghangat dan kembali normal di pagi hari, sebagai “alarm” agar kita bangun.

Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin, maka irama sirkadian ini akan terganggu. Efeknya, tidur pun tidak nyenyak.

Sebagai negara dengan iklim tropis, suhu Negara Indonesia terbilang panas. Menurut survei, 29 persen konsumen menyebutkan bahwa suhu merupakan masalah utama mereka saat tidur.

Baca juga: Peregangan dan Latihan Pernapasan Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Matras Alpine® koleksi terbaru dari Serta® Perfect Sleeper® Collection yang dilengkapi teknologi Cool Fiber dan Viro Safe Technology.Dok Setra Matras Alpine® koleksi terbaru dari Serta® Perfect Sleeper® Collection yang dilengkapi teknologi Cool Fiber dan Viro Safe Technology.

Teknologi pendingin permukaan matras

Selain penggunaan pendingin ruangan, matras dengan permukaan yang memberikan rasa sejuk tentunya sangat cocok bagi konsumen Indonesia. Beberapa produk matras saat ini telah menawarkan teknologi terkini sehingga tempat tidur bisa terasa sejuk.

Merek matras Serta memperkenalkan produk terbarunya, Alpine dan Andes yang dilengkapi dengan teknologi Cool Fiber dan Viro Safe Technology.

Dijelaskan oleh Sales & Marketing Director PT Duta Abadi Primantara, distributor resmi Serta di Indonesia, Aria Hermawan, teknologi terbaru ini menggunakan benang khusus sehingga memberi efek “dingin”.

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Kamar Tidur untuk Kamar Sehat dan Nyaman

"Koleksi terbaru Perfect Sleeper® ini merupakan inovasi matras tempat tidur pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi Cool Fiber dan Viro Safe untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya dalam acara peluncuran Serta secara virtual (15/10/2020).

Berbeda dengan matras pada umumnya yang berwarna putih, koleksi terbaru ini berwarna gelap yang sekarang ini menjadi tren global dan disukai konsumen.

Ditambahkan oleh Research & Development Head PT DAP, Chandra Kumala, matras terbaru ini juga mendukung higienitas dengan Viro Safe Tecnology untuk mengurangi bakteri dan virus.

“Kegiatan membersihkan secara berkala misalnya seminggu sekali sebenarnya mampu mengindari paparan virus. Namun ada baiknya memiliki matras berkualitas yang mampu mengurangi aktivitas perkembangbiakan virus dan bakteri,” katanya.

Baca juga: Sering Nyeri Leher Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Bentuk Bantal Penyebabnya

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X