Es Batu Bisa Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 16/10/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi perawatan wajah menggunakan es batu DragonImagesIlustrasi perawatan wajah menggunakan es batu

KOMPAS.com - Kulit wajah yang mulus dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Namun pada kenyataannya, banyak orang di Indonesia mengalami masalah pori-pori besar.

Kondisi tentunya akan memengaruhi kepercayaan diri seseorang karena berkaitan dengan penampilan.

Kamu mungkin pernah mendengar anggapan bahwa menggosokkan es batu di wajah bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah. Apakah anggapan tersebut mitos atau fakta?

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengatakan, pada dasarnya sesuatu yang hangat akan membuat pori-pori melebar dan sesuatu yang dingin akan membuat pori-pori lebih rapat.

Itulah mengapa ketika kita menjalani perawatan di klinik, misalnya, kulit wajah kita akan diberi uap panas untuk membuka pori-pori. Sementara pemberian es batu di wajah membantu menutup pori-pori.

Namun, efek itu tidak berlangsung lama.

"Itu hanya efek sesaat. Es batu kalau digunakan, saat itu juga (pori-pori) kecil tapi tentu efek jangka panjang tidak ada."

Demikian diungkapkan oleh dr. Kardiana dalam pre-event launching Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Menggosokkan es batu ke kulit hanya akan membuat kesan pori-pori yang lebih rapat, namun tidak ada efek jangka panjang untuk pori-pori dan kulit di sekitarnya.

Masalah pori-pori besar perlu diatasi dengan kombinasi solusi, mulai dari membersihkan wajah secara menyeluruh untuk mencegah kotoran menyumbat pori-pori, menggunakan pelembap, rajin menggunakan tabir surya, hingga perawatan eksfoliasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X