Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Berat Badan Bertambah Selama Bekerja dari Rumah

Kompas.com - 16/10/2020, 14:05 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Her World

KOMPAS.com— Banyak faktor yang membuat berat badan bertambah selama periode bekerja dari rumah. Selain kurang bergerak, stres, dan mudahnya mengakses camilan, bisa membuat angka timbangan terus bertambah.

Walau kondisi masih serba tidak pasti, sangat penting untuk mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat. 

1. Tingkatkan metabolisme

Meningkatkan laju metabolisme akan menurunkan aktivitas yang dibutuhkan untuk membakar kalori. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan laju metabolisme.

Beberapa di antaranya, ikan, sayuran kaya zat besi seperti brokoli, bayam, pak choy dan kacang-kacangan.

Tak kalah penting mengatur jadwal tidur  dengan durasi 7-8 jam sehari. Karena tidur terlalu malam tak hanya akan meningkatkan rasa lapar, tetapi juga akan berdampak negatif pada metaboisme.

Baca juga: 6 Tanda Metabolisme Tubuh Bermasalah

2. Kurangi nafsu makan

Perbanyak konsumsi makanan sumber serat supaya perut kenyang lebih lama dan mengurangi kebutuhan untuk ngemil sepanjang hari.

Pilih buah segar sebagai camilan juga merupakan alternatif yang baik ketimbang minuman manis.

3. Detoks

Disertai dengan defisit kalori, konsumsi enzim akan membantu mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu dalam manajemen berat badan.

Kamu bisa menambahkan lebih banyak sumber protein, sumber lemak dan minyak, polong-polongan, buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan serta biji-bijian ke dalam pola makan. Diet detoks biasanya mencakup makanan yang kaya nutrisi dan tinggi serat.

Baca juga: Detoks yang Perlu Dilakukan Setelah Libur Panjang

4. Jangan terlambat makan

Menurut ilmu kesehatan tradisional China, organ pencernaan manusia berada pada titik terkuatnya di siang hari. Untuk itu, waktu terbaik untuk makan adalah antara jam 7 pagi dan 11 pagi, ini adalah periode ketika perut dan limpa sedang berada pada fungsi puncaknya. Waktu makan terburuk adalah setelah jam 6 sore.

Karena tubuh akan memperbaiki dirinya pada malam hari, untuk itu jika kita makan pada malam, akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak kalori dan energi dari makanan sebagai lemak tubuh.

Pada akhirnya, cara terbaik mengurangi lemak dalam tubuh adalah dengan melakukan pendekatan holistik yang memperhitungkan semua faktor, mulai dari pola makan, gaya hidup dan pengaturan waktu istirahat.

Jadi apapun metode dietmu, usahakan untuk tetap menjaga semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga: Ingin Diet Rendah Kalori, Bagaimana Tentukan Porsi Makan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Her World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com