Cegah Berat Badan Bertambah Selama Bekerja dari Rumah

Kompas.com - 16/10/2020, 14:05 WIB
ilustrasi working from home FREEPIK/JCOMPilustrasi working from home

KOMPAS.com— Banyak faktor yang membuat berat badan bertambah selama periode bekerja dari rumah. Selain kurang bergerak, stres, dan mudahnya mengakses camilan, bisa membuat angka timbangan terus bertambah.

Walau kondisi masih serba tidak pasti, sangat penting untuk mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat. 

1. Tingkatkan metabolisme

Meningkatkan laju metabolisme akan menurunkan aktivitas yang dibutuhkan untuk membakar kalori. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan laju metabolisme.

Beberapa di antaranya, ikan, sayuran kaya zat besi seperti brokoli, bayam, pak choy dan kacang-kacangan.

Tak kalah penting mengatur jadwal tidur  dengan durasi 7-8 jam sehari. Karena tidur terlalu malam tak hanya akan meningkatkan rasa lapar, tetapi juga akan berdampak negatif pada metaboisme.

Baca juga: 6 Tanda Metabolisme Tubuh Bermasalah

2. Kurangi nafsu makan

Perbanyak konsumsi makanan sumber serat supaya perut kenyang lebih lama dan mengurangi kebutuhan untuk ngemil sepanjang hari.

Pilih buah segar sebagai camilan juga merupakan alternatif yang baik ketimbang minuman manis.

3. Detoks

Halaman:


Sumber Her World
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X