Masih Diuji, Kapan Vaksin Corona Bisa Diberikan pada Masyarakat?

Kompas.com - 16/10/2020, 15:28 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kapan vaksin corona mulai bisa diedarkan di Indonesia? Pertanyaan ini mungkin ada di benak banyak orang di Tanah Air.

Keberadaan vaksin tentunya akan sangat membantu, mengingat kasus infeksi corona di Indonesia terus bertambah setiap harinya.

Pemerintah memprediksi vaksin corona akan mulai diedarkan di Indonesia pada Februari 2021 mendatang. Prediksi ini dilontarkan oleh Direktur Standarisasi Obat Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Togi Junice Hutadjulu.

Ada sejumlah vaksin corona yang menjadi kandidat untuk diedarkan di Indonesia. Masing-masing memiliki jadwal edar yang berbeda-beda. Kebanyakan vaksin corona ini juga sedang menjalani tahapan uji klinis.

Berikut adalah beberapa vaksin corona yang menjadi kandidat untuk diedarkan di Tanah Air.

1. Vaksin Merah Putih

Vaksin Merah Putih adalah vaksin untuk corona yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Menurut penuturan salah satu peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Wien Kusharyoto, vaksin Merah Putih rencananya dapat diberikan kepada masyarakat dengan metode spray atau disemprot.

Menurutnya, metode penyemprotan vaksin ini dianggap lebih baik karena langsung menyasar jaringan mukosa (hidung dan mulut).

Selain itu, Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir berharap vaksin Merah Putih dapat diproduksi pada 2022 mendatang.

Baca juga: Eks Pejabat CDC Sebut Pandemi Belum Akan Berakhir meski Vaksin Ditemukan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X