Peran Perusahaan Jaga Kesehatan Mental Karyawan

Kompas.com - 16/10/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home. SHUTTERSTOCKIlustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home.

KOMPAS.com - Sebelum adanya wabah Covid-19, konsep bekerja dari rumah menjadi impian setiap karyawan di dunia. Banyak yang mengira ini merupakan model kerja ideal karena bisa menyeimbangkan kehidupan kantor dan keluarga.

Nyatanya, setelah beberapa bulan menjalani work from home (WFH), banyak orang yang mengeluh kelelahan, stres, dan bosan. Tak sedikit yang akhirnya merasa jika bekerja dari rumah setiap hari bukan hal yang menyenangkan.

"Bekerja full di rumah tidak pernah dipikirkan oleh seorang karyawan sebelumnya," kata Luluina Karina Singarimbun, Head of Human Resources PT. Bayer Indonesia, dalam acara talkshow program Employee Engagement in Uncertain Times yang diadakan virtual pada Kamis (15/10/2020).

Menurut Lulu, ketika karyawan bekerja di rumah setiap hari, celah atau batasan antara pekerjaan dan keluarga menjadi semakin tipis.

"Karyawan sulit membagi waktu bekerja dan waktu bersama keluarganya, dan itu memengaruhi kesehatan mental mereka," ujarnya.

Baca juga: Sebagian Besar Karyawan Masih Takut Bekerja di Kantor

Lisa Rosalina, HR Business Partner for Consumer Product Division L'Oreal Indonesia memandang masalah kesehatan mental pada karyawan merupakan akibat dari perubahan situasi.

"Karyawan merasa shock karena perubahan situasi yang terlalu cepat," tuturnya.

Dia mengatakan, ada beberapa karyawan di perusahaannya yang kebingungan saat harus bekerja di rumah.

"Karyawan kami shock karena anak mereka yang tadinya pergi ke sekolah, sekarang harus mengikuti proses belajar mengajar di rumah. Orangtuanya mau pakai laptop untuk kerja, sementara anaknya butuh untuk belajar."

"Ada juga karyawan kami yang memikirkan kondisi orangtua mereka di rumah, yang mana lebih berisiko terpapar Covid-19," tambahnya.

Baca juga: Selama WFH, Istirahatkan Mata Tiap 2 Jam

Ilustrasi kerja dari rumah.Shutterstock Ilustrasi kerja dari rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X