6 Jenis Gerakan Membakar Lemak, Bagi Kamu yang Benci Kardio

Kompas.com - 16/10/2020, 16:18 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Ketika bicara soal membakar lemak, kebanyakan dari kita mungkin langsung berpikir olahraga kardio adalah jawabannya.

Latihan kardio memng cara yang bagus untuk membakar kalori dan bisa membantu menghilangkan lemak tubuh, tetapi itu bukan satu-satunya cara jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Faktanya, jika ingin benar-benar efisien dalam membakar lemak tubuh, kita harus melakukan beberapa bentuk latihan ketahanan.

Dilansir Body and Soul, latihan ketahanan membantu membangun otot tanpa lemak dan semakin terbangun otot tersebut, maka akan semakin efisien metabolisme tubuh kita. Artinya, kita bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan saat kita sedang hanya duduk di sofa.

Latihan ketahanan bukan hanya latihan beban berat dan tak melulu harus dilakukan di pusat kebugaran. Kamu bisa melakukan latihan ketahanan di rumah menggunakan alat sederhana seperti dumbbell, menggunakan alat pengganti seperti botol minum satu liter yang diisi air, atau bahkan menggunakan beban tubuh sendiri.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kuncinya adalah memastikan latihanmu tetap menantang dan tubuhmu akan menjadi lebih kuat.

Enam gerakan berikut bisa kamu gabungkan untuk menjadi satu sesi olahraga.

Lakukan setiap gerakan selama 40 detik dan 20 detik istirahat di antara gerakan. Lakukan istirahat selama 60 detik di akhir sesi, lalu kamu bisa mengulanginya kembali dari awal sebanyak empat kali atau menyesuaikannya dengan kemampuan.

Nah, untuk kamu yang benci kardio, enam gerakan yang disarankan oleh pakar kebugaran Sam Wood ini bisa menjadi opsi untuk membakar lemak tubuh.

1. Reverse lunge
Berdiri lah tegak dengan tangan di sisi tubuh. Kemudian, melangkah mundur dengan kaki kiri dan turunkan pinggul agar kaki kanan sejajar dengan lantai dan lutut kanan tepat di atas pergelangan kaki.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X