Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Gerakan Membakar Lemak, Bagi Kamu yang Benci Kardio

Kompas.com - 16/10/2020, 16:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ketika bicara soal membakar lemak, kebanyakan dari kita mungkin langsung berpikir olahraga kardio adalah jawabannya.

Latihan kardio memng cara yang bagus untuk membakar kalori dan bisa membantu menghilangkan lemak tubuh, tetapi itu bukan satu-satunya cara jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Faktanya, jika ingin benar-benar efisien dalam membakar lemak tubuh, kita harus melakukan beberapa bentuk latihan ketahanan.

Dilansir Body and Soul, latihan ketahanan membantu membangun otot tanpa lemak dan semakin terbangun otot tersebut, maka akan semakin efisien metabolisme tubuh kita. Artinya, kita bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan saat kita sedang hanya duduk di sofa.

Latihan ketahanan bukan hanya latihan beban berat dan tak melulu harus dilakukan di pusat kebugaran. Kamu bisa melakukan latihan ketahanan di rumah menggunakan alat sederhana seperti dumbbell, menggunakan alat pengganti seperti botol minum satu liter yang diisi air, atau bahkan menggunakan beban tubuh sendiri.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kuncinya adalah memastikan latihanmu tetap menantang dan tubuhmu akan menjadi lebih kuat.

Enam gerakan berikut bisa kamu gabungkan untuk menjadi satu sesi olahraga.

Lakukan setiap gerakan selama 40 detik dan 20 detik istirahat di antara gerakan. Lakukan istirahat selama 60 detik di akhir sesi, lalu kamu bisa mengulanginya kembali dari awal sebanyak empat kali atau menyesuaikannya dengan kemampuan.

Nah, untuk kamu yang benci kardio, enam gerakan yang disarankan oleh pakar kebugaran Sam Wood ini bisa menjadi opsi untuk membakar lemak tubuh.

1. Reverse lunge
Berdiri lah tegak dengan tangan di sisi tubuh. Kemudian, melangkah mundur dengan kaki kiri dan turunkan pinggul agar kaki kanan sejajar dengan lantai dan lutut kanan tepat di atas pergelangan kaki.

Kembali berdiri dengan menjadikan tumit kanan tempat bertumpu beban dan kembali lah ke posisi awal.

Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang berlawanan. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian. Untuk membuatnya lebih menantang, pegang dumbbell di masing-masing tangan.

2. Weighted squat
Pegang beban di depan dada. Silakan memilih beban sesuai kemampuan, apakah dumbbell, kettlebell, atau bahkan sekantong beras.

Dorong bokong ke posisi jongkok. Pertahankan beban pada tumit, jangan membungkukkan punggung. Kemudian, tekan otot bokong sambil kembali berdiri. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Contoh gerakan weighted squat.Tangkap layar Body and Soul Contoh gerakan weighted squat.

3. Single leg glute bridge
Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kedua kaki rata di lantai. Angkat satu kaki dan rentangkan lurus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com