5 Cara Sederhana Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Yuk Coba!

Kompas.com - 16/10/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi wajah ShutterstockIlustrasi wajah

KOMPAS.com - Pori-pori wajah yang besar dan terlihat pada foto memang menyebalkan. Kondisi ini memang tidak berbahaya. Namun dampaknya ternyata cukup serius terhadap kepercayaan diri seseorang, terutama pada pasien usia remaja.

"Muka terlihat enggak halus atau pori berlubang, itu akan membawa dampak besar."

Hal itu diungkapkan oleh Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK dalam pre-event launching Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Ada beberapa faktor yang dapat membuat pori-pori kulit membesar. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Pori-pori tersumbat karena penggunaan produk riasan wajah, debu atau noda yang menutup pori-pori sehingga pori-pori yang seharusnya tampak kecil menjadi tampak lebih besar.
  • Kulit berminyak. Menyebabkan produksi kelenjar minyak secara aktif dan membuat saluran yang harusnya rapat menjadi lebih terbuka dan tampak. Pada akhirnya, penampang kulit di luar juga tampak lebih besar.
  • Proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, kemampuan sel untuk beregenerasi akan berkurang, kolagen dan elastin juga mulai menyusut. Sehingga kulit yang harusnya dapat disangga dengan baik menjadi lebih kisut dan tampak ada pori-pori.
  • Faktor genetik. Beberapa orang terlahir dengan kulit yang cenderung memiliki tipe pori-pori besar dan berminyak. Dengan adanya faktor pemicu, seperti banyak terpapar sinar matahari dan polusi, pori-pori akan tampak semakin besar.
  • Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Pori-pori Wajah

Masalah pori-pori besar ternyata bisa diatasi dengan kombinasi solusi sederhana berikut.

1. Rajin membersihkan wajah
Produk riasan wajah yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyumbat pori-pori wajah, yang pada akhirnya menyebabkan pori-pori yang tampak kecil menjadi tampak lebih besar.

Membersihkan wajah juga bisa membantu membersihkan kotoran dan debu di wajah.

Cuci wajah dua kali sehari, yakni di pagi hari dan sebelum tidur. Jika mengenakan riasan wajah, pastikan kamu melakukan double cleansing.

2. Menggunakan pelembap
Kulit wajah perlu dijaga kelembapannya. Selain itu, seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin pada kulit semakin menyusut, membuat kulit yang semula kencang menjadi mulai kelihatan pori-porinya.

Menggunakan pelembap wajah minimal dua kali sehari bisa menjaga agar kulit tidak kering sehingga regenerasi sel tidak terganggu.

Baca juga: Es Batu Bisa Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?

3. Menggunakan tabir surya
Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X