Makin Lama Berkencan Wajah Makin Mirip dengan Pasangan, Benarkah?

Kompas.com - 16/10/2020, 21:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Terlihat menarik di mata lawan jenis bukan perkara gampang. Banyak faktor yang berperan. Mulai dari selera humor dan tingkat kecerdasan atau ekspresi wajah.

Namun, ada satu hal terkait daya tarik yang bisa kita jadikan panduan, di mana kita terlihat sangat menarik di mata seseorang yang mirip dengan kita.

Hasil itu didapat dari penelitian terbaru yang dilakukan peneliti di Stanford University dan diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports pada bulan Oktober 2020.

Baca juga: Berolahraga Bersama Membuat Kamu dan Pasangan Menjadi Lebih Dekat

Dalam penelitian ini para ilmuwan di Stanford University ingin menemukan gagasan bahwa penampilan wajah pasangan yang sudah lama berkencan menjadi memiliki kemiripan.

Hal itu bisa terjadi karena lingkungan, emosi, dan aktivitas yang sama.

Dalam riset ini, peneliti memeriksa foto dari 517 pasangan di awal pernikahan, dan setelah 20-69 tahun kemudian.

Dari situ, peneliti menggunakan perangkat lunak penilaian manusia dan pengenalan wajah untuk menilai kemiripan masing-masing pasangan.

Mereka juga memberikan tujuh foto kepada setiap partisipan, di mana salah satu foto adalah pasangan partisipan.

Hasilnya, partisipan memilih foto pasangan mereka yang memiliki kemiripan wajah.

Baca juga: 7 Tanda Pasangan Mungkin Sedang Naksir Orang Lain

Teknologi perangkat lunak juga memberikan hasil serupa, yaitu mencocokkan foto seorang partisipan dengan pasangannya yang mirip.

Halaman:


Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X