Menelusuri Perjalanan 40 Tahun Berkarya Ghea Panggabean Lewat Buku

Kompas.com - 18/10/2020, 07:00 WIB
Ghea Panggabean. Instagram @gheafashionstudioGhea Panggabean.

KOMPAS.com - Empat dekade bukan waktu yang sebentar untuk sebuah perjalanan hidup dan berkarya.

Tajuk "Asian Bohemian Chic: Indonesian Heritage Becomes Fashion" pun dipilih oleh perancang busana Ghea Panggabean untuk merepresentasikan cerita perjalanan karyanya selama 40 tahun melalui sebuah buku.

Untuk merilis buku ini, Ghea menggandeng Rizzoli – Milan, penerbit internasional yang berada di beberapa kota besar dan berpusat di New York.

Asian Bohemian Chic: Indonesian Heritage Becomes Fashion, buku cerita perjalanan 40 tahun berkarya Ghea Panggabean.Dok. Ghea Panggabean Asian Bohemian Chic: Indonesian Heritage Becomes Fashion, buku cerita perjalanan 40 tahun berkarya Ghea Panggabean.

Buku setebal 320 halaman tersebut menceritakan koleksi Ghea dari masa ke masa, mulai dari karya pertamanya yang mengangkat kain lurik, perjalanan mengeksplor serta mempelajari tekstil dan ragam motif nusantara, hingga mengolah motif kain pelangi jumputan yang kini menjadi ciri khasnya.

"Di dalam buku ini ada beberapa motif favorit, yang paling favorit adalah jumputan karena untukku hidup seperti pelangi, sangat penuh warna," ungkap Ghea dalam peluncuran bukunya, Jumat (16/10/2020).

Selama berkarya, desainer yang menyelesaikan pendidikan desain fesyen di London pada awal tahun 1980an itu konsisten menterjemahkan motif kain tradisional Indonesia, seperti jumputan, ikat, songket, dan batik menjadi busana yang wearable.

Ghea juga mengolah berbagai ragam hias dan kerajinan tradisional ke dalam desain busana modern, sehingga lahir motif-motif seperti tikar Kalimantan, wayang beber, dan ragam hias Batak seperti motif gorga.

Konsep desainnya selalu terinspirasi dari warisan budaya, sehingga setiap koleksi Ghea tak hanya klasik namun selalu menyiratkan cerita.

Asian Bohemian Chic: Indonesian Heritage Becomes Fashion, buku cerita perjalanan 40 tahun berkarya Ghea Panggabean.Instagram @gheafashionstudio Asian Bohemian Chic: Indonesian Heritage Becomes Fashion, buku cerita perjalanan 40 tahun berkarya Ghea Panggabean.

Berkarya dengan passion
Ghea mengaku dirinya begitu cinta dengan budaya Indonesia yang sangat beragam. Mengolah kain Indonesia menjadi passion yang membuatnya bisa terus semangat berkarya hingga 40 tahun, dan masih akan terus berjalan.

"Yang membuat passion itu tetap ada karena inspirasiku adalah kain Indonesia dan aku sudah mengoleksinya dari awal karir hingga sekarang. Sampai sekarang kain masih menjadi inspirasiku," ungkapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X