Sadari, Sederet Dampak Buruk Menatap Layar Terlalu Lama

Kompas.com - 19/10/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi kecanduan ponsel OcusFocusIlustrasi kecanduan ponsel

KOMPAS.com - Tak cuma anak-anak dengan console game atau pun gawai, tapi orang dewasa pun kerap menghabiskan banyak waktu dengan waktu menatap layar perangkat elektronik.

Terlebih di tengah masa pandemi Covid-19, durasi menatap layar tentu semakin bertambah. 

Sebab, tak hanya permainan dan hiburan, kegiatan belajar mengajar, rapat dan seminar pun digelar secara online, sehingga mengharusnya banyak orang menatap layar. 

Baca juga: Kecanduan Ponsel Tanda Depresi, Benarkah?

Nah, menatap layar terlalu lama ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan emosi. Sementara, bagi anak-anak, kebiasaan ini juga memengaruhi perkembangan otak. 

Berdasarkan data yang dilansir laman Insider, di Amerika Serikat, anak berusia 8-12 tahun menghabiskan waktu rata-rata 4-6 jam per hari untuk melihat layar.

Sementara, anak remaja menghabiskan waktu sekitar sembilan jam per hari. Kemudian, orang dewasa memakai waktu rata-rata lebih dari 10,5 jam setiap hari.

Tidak ada panduan pasti mengenai berapa banyak screentime yang direkomendasikan bagi orang dewasa.

Namun, para ahli memiliki rekomendasi tersendiri dengan menentukan waktu menatap layar bagi anak-anak berdasarkan usia mereka.

0-18 bulan

Bayi di bawah usia 18 bulan tidak dianjurkan menatap layar perangkat elektronik, kecuali di saat mereka sedang melakukan panggilan video dengan anggota keluarga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X