Kompas.com - 19/10/2020, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Tujuan olahraga setiap orang berbeda-beda. Salah satunya adalah ingin membentuk otot. Tidak terbatas pada pria, tak sedikit wanita yang juga ingin mengencangkan otot-ototnya, terutama di bagian tubuh tertentu seperti paha, perut, atau pun lengan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin membentuk otot. Berikut ulasannya.

1. Makan dengan benar

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk membentuk otot. Di dalam protein terdapat asam amino yang dibutuhkan untuk membangun otot.

Kebutuhan jumlah protein berbeda-beda. Bagi yang ingin membentuk otot, mereka harus mengonsumsi lebih banyak protein, yaitu 1,6-2 gram per kilogram berat badan.

Apabila mengikuti rata-rata berat pria Indonesia rentang usia 18-40 tahun menurut Riskesdas 2013, yakni 62 kg, dengan konsumsi 2 gram protein/kg BB per hari. Maka total kebutuhan protein sehari sebesar 124 gram.

Baca juga: Asupan Protein di Pagi Hari, Efektif Jaga Massa Otot

Penuhi kebutuhan tersebut dengan membaginya dalam beberapa kali waktu makan dalam sehari.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat, sedikit lemak, buah-buahan, dan sayuran. 

Pilih lemak yang menyehatkan jantung seperti salmon, alpukat, dan minyak zaitun. Biji-bijian utuh juga merupakan sumber glikogen yang penting untuk membentuk otot.

2. Pilih latihan terbaik

Halaman:
Sumber IOL


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.