Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Berdampak Negatif

Kompas.com - 19/10/2020, 14:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber theladders

KOMPAS.com - Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker hingga menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, orang yang rutin berolahraga setiap hari diklaim dapat memiliki umur yang panjang.

Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan ternyata juga bisa berdampak negatif pada tubuh kita, terutama yang sudah berusia lanjut.

Berikut beberapa olahraga yang berpotensi negatif apabila dilakukan secara berlebihan dan cara membantu mencegah kerusakan yang dilansir dari laman The Ladders.

1. Burpees

Direktur pendidikan untuk merek kebugaran Row House, Caley Crawford mengatakan, burpees bisa menjadi latihan seluruh tubuh yang bagus untuk meningkatkan detak jantung saat berolahraga, tapi latihan tersebut dapat membuat lutut sedikit lelah.

"Keausan pada lutut biasanya disebabkan oleh gerakan berjongkok ke bawah sebelum mengangkat kaki ke belakang," jelas Crawford.

Jika kita tidak memiliki mobilitas untuk meletakkan tangan di tanah selama jongkok, Crawford merekomendasikan opsi lain yang meningkatkan detak jantung dengan cara sama, seperti mendayung, jumping jack, atau jump squat.

Baca juga: Jenis Pekerjaan yang Paling Membebani Lutut

2. Kardio yang berlebihan

Latihan kardio memiliki banyak manfaat antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru yang lebih baik, dan energi.

Namun pelari maraton Rhys Jenkins menjelaskan, kalau kita hanya melakukan latihan kardio saja, dapat membakar otot saja daripada membangunnya. 

Untuk mencegahnya, lakukan kombinasi jenis latihan. Selain kardio, lakukan juga latihan beban.

“Saya melakukan 2-3 sesi beban seminggu lebih banyak untuk membantu mempertahankan massa otot daripada meningkatkannya, karena peningkatan otot akan menghambat efisiensi dan daya tahan lari saya,” kata Jenkins.

Posisi side plank untuk menguatkan otot perutg-stockstudio Posisi side plank untuk menguatkan otot perut

3. Mengangkat beban terlalu berat

Jika rutinitas olahraga hanya latihan angkat berat tanpa keseimbangan dengan latihan kardio, maka akan membuat tubuh menjadi tegang dan menyebabkan cedera.

Baca juga: Tetap Sehat di Rumah dengan 5 Latihan Kardio Ini

Halaman:
Sumber theladders
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com