Kompas.com - 19/10/2020, 14:51 WIB
Burpees blanaruBurpees

KOMPAS.com - Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker hingga menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, orang yang rutin berolahraga setiap hari diklaim dapat memiliki umur yang panjang.

Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan ternyata juga bisa berdampak negatif pada tubuh kita, terutama yang sudah berusia lanjut.

Berikut beberapa olahraga yang berpotensi negatif apabila dilakukan secara berlebihan dan cara membantu mencegah kerusakan yang dilansir dari laman The Ladders.

1. Burpees

Direktur pendidikan untuk merek kebugaran Row House, Caley Crawford mengatakan, burpees bisa menjadi latihan seluruh tubuh yang bagus untuk meningkatkan detak jantung saat berolahraga, tapi latihan tersebut dapat membuat lutut sedikit lelah.

"Keausan pada lutut biasanya disebabkan oleh gerakan berjongkok ke bawah sebelum mengangkat kaki ke belakang," jelas Crawford.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kita tidak memiliki mobilitas untuk meletakkan tangan di tanah selama jongkok, Crawford merekomendasikan opsi lain yang meningkatkan detak jantung dengan cara sama, seperti mendayung, jumping jack, atau jump squat.

Baca juga: Jenis Pekerjaan yang Paling Membebani Lutut

2. Kardio yang berlebihan

Latihan kardio memiliki banyak manfaat antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru yang lebih baik, dan energi.

Halaman:


Sumber theladders
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.