Cara Bersihkan Spons Dapur agar Tak Sebar Kuman di Rumah

Kompas.com - 19/10/2020, 17:49 WIB
Ilustrasi www.yourbestdigs.comIlustrasi

KOMPAS.com - Semua spons pembersih kerap menyimpan banyak kuman. Kuman tersebut mungkin hanya akan membuat spons berbau, tetapi tak jarang ada yang berpotensi membawa penyakit.

Seorang ahli di bidang keamanan pangan untuk StateFoodSafety, Janilyn Hutchings mengatakan, spons dapat menyebarkan kuman ke segala hal yang tersentuh.

Mulai dari meja dapur, piring, hingga peralatan dapur lainnya, tak ada yang kebal dari serangan kuman.

Baca juga: David Rush Cetak Rekor Dunia Hantam Spons Basah Pakai Wajah

Laboratorium Keamanan dan Teknologi Pangan (ARS) Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menemukan dua metode untuk membersihkan spons agar dapat digunakan kembali.

Cara membersihkan spons yang tepat

Pertama, masukan ke dalam mesin pencuci piring (dishwasher). Suhu panas di dalam dishwasher bisa langsung mendisinfeksi spons, dan juga piring secara bersamaan.

Cara berikutnya adalah dimasukkan ke dalam  microwave.

Saat spons dimasukkan ke microwave maka kelembapan akan menguap, dan lagi-lagi suhu panas membunuh kuman-kuman di dalamnya.

Menurut USDA, kedua metode ini 99 persen efektif dalam membunuh bakteri yang ada di dalam spons.

Baca juga: Agar Higienis, Spons Cuci Piring Wajib Dibersihkan Rutin

Namun, ada hal menarik yang harus diperhatikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X