Kompas.com - 20/10/2020, 06:00 WIB
es batu
Shutterstock/Ahanov Michaeles batu

KOMPAS.com - Banyak orang yang senang menambahkan es batu ke dalam minuman mereka. Alasannya tentu saja karena es batu membuat minuman menjadi dingin dan terasa segar saat diteguk.

Tapi tak cukup sampai di situ, beberapa orang ada yang senang mengunyah es batu setelah minuman mereka habis, karena mendapat keasikan tersendiri. 

Baca juga: Siap-siap, Supreme Bakal Luncurkan Pasta Gigi

Suara yang timbul saat mengunyah es batu bahkan konon bisa memberikan sensasi tersendiri.

Namun, sayangnya kebiasaan tersebut haruslah dihentikan. Sebab, mengunyah es batu berpotensi besar mendatangkan masalah pada gigi.

"Es batu termasuk kristal begitu juga dengan enamel gigi."

"Saat dua kristal saling berbenturan, maka salah satunya akan hancur," ujar dokter spesialis gigi Dr. Matt Messina, DDS seperti dikutip Pop Sugar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang saat mengunyah es batu yang langsung hancur bukan enamel gigi. Dikatakan Dr. Messina, bisa jadi yang hancur adalah tambalan gigi.

Baca juga: Mengenal “CT-Scan” Gigi sebagai Alat Bantu Diagnosis

Tambal gigi biasa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Nah, tambalan akan habis terkikis dalam jangka waktu tertentu.

Kebiasaan mengunyah es batu dapat mempercepat proses habisnya tambalan. Saat tambalan habis, gigi bisa terasa nyeri.

"Rasa nyeri saat tambalan habis karena mengunyah es batu adalah cedera yang disebabkan diri sendiri," tambah Dr. Messina.

Dia juga menambahkan, mengunyah es batu merupakan penyebab utama gigi patah. Gigi yang patah tentunya tidak bisa tumbuh kembali kecuali ditambal.

Baca juga: Sikat Gigi Bisa Jadi Tempat Tumbuh Bakteri, Ini Cara Membersihkannya

Bagi beberapa orang, gigi patah dapat memengaruhi penampilan. Oleh karena itu, lebih baik menghindari risiko mengunyah es batu daripada melakukan kebiasaan sepele itu bukan? 

Alih-alih mengunyah es batu, lebih baik untuk mengulumnya. Dengan begitu es batu akan meleleh dan tetap memberikan sensasi dingin di tenggorokan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.