Perbanyak Sikat Gigi Bisa Cegah Penyebaran Covid-19, Benarkah?

Kompas.com - 20/10/2020, 15:22 WIB
Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

KOMPAS.com - Meningkatnya kasus infeksi Covid-19 di beberapa negara masih memunculkan pertanyaan tentang cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus ini.

Kita -sejak awal, sudah diperkenalkan dengan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menjaga jarak minimal dua meter, dan memakai masker wajah, untuk melindungi diri dari Covid-19.

Di sisi lain, beberapa ahli menyarankan, menjaga kebersihan mulut juga berperan penting dalam mencegah penyebaran virus.

Baca juga: Usia Berapa Anak Harus Dibiasakan Menyikat Gigi?

Bahkan secara khusus, dokter-dokter gigi merekomendasikan untuk memperbanyak aktivitas menyikat gigi. Setidaknya, setiap kali hendak pergi dari rumah, demi menangkal Covid-19.

Sebab, diyakini sebagian besar pasta gigi dan obat kumur mengandung deterjen dengan kualitas antivirus.

Kandungan tersebut mirip dengan pembersih tangan yang memengaruhi kemampuan penyebaran virus.

Namun, apakah dengan meningkatkan frekuensi menyikat gigi setiap hari benar-benar membuat perbedaan?

Penyebaran virus melalui droplet

National Health Service (NHS) di Inggris menyatakan, virus SARS-COV-2 menyebar dengan cara yang hampir sama seperti flu biasa, yakni melalui droplet dari batuk dan bersin orang yang terinfeksi.

Penularan juga dapat terjadi ketika orang yang terinfeksi virus menyentuh permukaan benda benda yang biasa digunakannya.

Sikat gigi secara rutin

Menurut profesor kedokteran gigi di Universitas Bristol, Inggris, Martin Addy, menyikat gigi setiap kali  meninggalkan rumah dapat membantu mencegah Covid-19.

Baca juga: Menyikat Gigi Tiga Kali Sehari Dapat Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X