Kompas.com - 20/10/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi pemakaian sheet mask. ShutterstockIlustrasi pemakaian sheet mask.

KOMPAS.com - Sheet mask atau masker wajah berbentuk lembaran termasuk produk perawatan kulit yang saat ini banyak digemari. Selain karena mudah dipakai, sheet mask juga memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah.

Dermatolog dr Ricky F. Maharis, SpKK menjelaskan, sheet mask dapat mengunci kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya penguapan berlebihan.

"Kelembapan dari sheet mask bisa masuk ke kulit sehingga kulit terjaga kekenyalannya dan kelembapannya," kata dr Ricky, Selasa (20/10/2020).

Dalam peluncuran dan diskusi virtual ‘#HappinessEveryday with Oh K! : Happy Skin Awaits', Ricky mengatakan kelembapan yang baik dapat mengoptimalkan skin barrier sehingga kulit tidak mudah iritasi dan gatal-gatal.

Selain itu, sheet mask juga bisa mendinginkan kulit dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar sehingga mampu mengatasi inflamasi.

Baca juga: Awas, Pakai Sheet Mask Sampai Ketiduran Bisa Picu Masalah Kulit

Kendati demikian, pemilihan sheet mask harus melihat kondisi kulit. Sebab kondisi kulit terkadang berubah-ubah, terutama pada perempuan yang dipengaruhi oleh hormon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan oleh Ricky, untuk wajah yang beruntusan atau memiliki banyak komedo, sebaiknya memilih sheet mask yang bekerja sebagai eksfoliator.

Jenis sheet mask tersebut dapat membuka pori-pori sehingga menghilangkan sumbatan.

"Kalau kulit lagi kering bisa menggunakan sheet mask cucumber yang bisa juga meredakan peradangan dan inflamasi sehingga kulit lebih calming," ujar Ricky.

Apabila kondisi kulit sedang mengalami infeksi entah karena bakteri, jamur, maupun virus, sebaiknya tidak memakai sheet mask untuk sementara waktu.

Baca juga: 5 Cara Mempersiapkan Kulit Wajah Jelang Pernikahan Agar Tampak Mulus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X