Kompas.com - 21/10/2020, 11:20 WIB
Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (21/9/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (21/9/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

KOMPAS.com - Kegiatan bersepeda kini dipilih sebagian besar orang untuk berolahraga dan rekreasi. Namun, jangan sampai kegiatan yang menyehatkan ini justru membuat kita tertular Covid-19 karena pandemi belum berakhir.

Bagoes Hermanto, Vice President Indonesian Cycling Federation (ICF) mengingatkan pesepeda agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk gowes.

"Kita harus terus memerhatikan protokol kesehatan. Bagi orang yang bersepeda untuk komuter, penggunaan masker jadi keharusan," katanya dalam konferensi pers "Bike for Hope" yang diadakan virtual pada Selasa (20/10/2020).

"Memang agak susah mengenakan masker saat kita menggunakan sepeda sebagai sarana olahraga. Untuk sport dan yang sifatnya berkelompok, pastikan jumlahnya terbatas dan jaga jarak, sehingga lebih aman," sambungnya.

Dia menambahkan, sebelum memutuskan untuk menggowes sepeda, tubuh kita harus berada dalam kondisi prima.

"Pola hidup kita pasti berubah. Istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan bergizi. Sehingga saat kita bersepeda, performa akan meningkat," tutur dia.

Baca juga: Vidi Aldiano Pilih Sepeda Balap untuk Gowes Lintas Provinsi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keamanan dalam bersepeda juga wajib diperhatikan, lanjut Bagoes.

Ia memandang kasus perampokan terhadap pengendara sepeda yang meningkat belakangan ini.

"Banyak kejadian di mana orang lagi asyik bersepeda, mereka dirampok, dibegal dan sebagainya. Kita ingin bersepeda bukan hanya sehat, tapi juga aman."

Redaksi Kompas.com bersepeda dalam rangka Gowes Ziarah HUT Ke-25 Kompas.com, Sabtu (12/9/2020). Ziarah ini mengunjungi makam Mohamad Latip, Ervan Hardoko, Kurniasari Aziza, P.K. Ojong, dan Jakob Oetama.KRISTIANTO PURNOMO Redaksi Kompas.com bersepeda dalam rangka Gowes Ziarah HUT Ke-25 Kompas.com, Sabtu (12/9/2020). Ziarah ini mengunjungi makam Mohamad Latip, Ervan Hardoko, Kurniasari Aziza, P.K. Ojong, dan Jakob Oetama.

Dalam kesempatan berbeda, dr Muliadi Limanjaya, Dokter Umum RS Pondok Indah Bintaro Jaya mengatakan, bersepeda di masa pandemi butuh persiapan lebih.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.